KELAS XII BAHASA MAN 1 GRESIK TUNTASKAN TUGAS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DENGAN MELENGGARAKAN SEMINAR “Tip dan Trik Menjadi Pemilih Muda”

Mulanya siswa kelas XII Bahasa diberikan tugas untuk menuntaskan salah satu tugas dalam mata pelajaran peminatan Bahasa dan Sastra Indonesia. Tugas tersebut menuntut siswa yang tergabung dalam kelas XII Bahasa menuntaskan laporan kegiatan. Agar pembelajaran yang dilaksanakan tidak hanya sekadar teoretis, maka siswa kelas XII Bahasa berinisiatif membuat kegiatan yang trintegrasi dengan pembelajaran di kelas.

Siswa kelas XII Bahasa pun berdiskusi dengan guru pengampu mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Bapak Faruq Hamdani, S.Pd., dan akhirnya disepakati bahwa mereka mengadakan kegiatan seminar. Karena berdekatan dengan tahun politik, maka mereka mengangkat tema “Tip dan Trik Jadi Pemilih Muda”. Mulanya seminar ini hanya diperuntukkan bagi siswa kelas XII Bahasa dengans atu narasumber. Namun setelah berkonsultasi dengan Waka Kurikulum MAN 1 Gresik, Ibu Siti Amriyah, S.Pd., beliau meminta agar seluruh kelas XII dilibatkan sebagai peserta, dan narasumber harus lebih dari satu agar paparannya lebih berimbang. Berdasarkan saran tersebut panitia seminar langsung bergerak cepat dengan menentukan tiga narasumber dalam kegiatan tersebut.

Setelah melalui diskusi dan saran dari guru, maka narasumber dalam kegiatan seminar tersebut yaitu Bapak Drs. Rosyihudin selaku guru PKN, Bapak Hamdi Ahmadi Mushzabi, M.Pd, selaku guru Sosiologi dan Alex Salim, M.Pd selaku Ketua PPK Kecamatan Bungah. ketiga narasumber tersebut menyampaikan materi yang berbeda di setiap sesi. Bapak Drs. Rosyihudin menyampaikan materi Peran Pemuda dalam Politik Indonesia. Bapak Hamdi Ahmadi Mushzabi, M.Pd menyampaikan materi Dominasi Suara Kaum Pemuda dalam Pemilu 2024. Bapak Alex Salim, M.Pd menyampaikan teksnis dan ajakan kepada siswa kelas XII MAN 1 Gresik untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024.

Drs. Rosyihudin dengan gaya khasnya, menyampaikan beberapa materi yang meliputi pentingnya Sosialisasi pemilu bagi masyarakat. Selain itu beliau juga mengulas tentang dinamika perpolitikan jelang Pemilu 2024. Beliau juga memberikan tip bagaimana menjadi pemilih yang cerdas serta mengukur dengan beberapa indikator calon presiden yang hebat. Tidak lupa di akhir penyampain materi beliau mengajak seluruh siswa kelas XII agar menggunakan hak politiknya pada tahun 2024.

Bapak Hamdi Ahmadi Mushzahbi, M.Pd. dengan mengenakan peci dan kacamata hitam mengawali dengan pantun pembuka. Beliau kemudian membuka dengan prolog tentang Pemuda berdaulat. Menurutnya pemuda merupakan kunci pembangunan nasional. Maka dari itu, Pemilu 2024 merupakan momentum untuk membangun dominasi positif. Pemuda harus mempersiapkan diri dan mengambil peran aktif dalam proses pemilu. Dalam presentasi ini, akan dibahas strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

Leave a Comment