PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA DAN HARI BATIK NASIONAL DI MAN 1 GRESIK

Mengawali bulan Oktober di tahun 2023, seluruh peserta didik MAN 1 Gresik mengenakan seragam yang berbeda dari biasanya. Kalau pada hari senin, peserta didik biasa mengenakan seragam putih abu-abu. Kali ini atau tepatnya tanggal 2 Oktober 2023 peserta didik MAN 1 Gresik mengenakan baju batik. Hal itu dikarenakan tepat pada tanggal tersebut diperingati hari batik nasional.

Pada hari itu pula MAN 1 Gresik juga menyelenggarakan upacara bendera guna memeringati hari Kesaktian Pancasila. Sejatinya hari Kesaktian Pancasila diperingati pada tanggal 1 Oktober 2023. Karena pada hari tersebut bertepatan dengan hari Minggu, maka setiap Satker diberikan kesempatan melangsungkan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada hari Senin.

Kegiatan upacara yang dilangsungkan di halaman MAN 1 Gresik tersebut berlangsung dengan cukup hikmad. Pengurus OSIS dan Paskib MAN 1 Gresik bertugas sebagai petugas upacara. Pembina upacara pada kesempatan tersebut yaitu Kepala MAN 1 Gresik, Bapak Drs. H. Muhari, M.Pd.I.

Dalam kesempatan tersebut, beliau mengajak seluruh yang hadir dan mengikuti jalannya upacara di MAN 1 Gresik untuk sejenak merenung, sejenak meresapi tentang peristiwa bersejarah sehingga diperingati sebagai hari kesaktian Pancasila. Beliau menyampaikan dengan kalimat retoris “sudahkah kita meresapi nilai-nilai sila pertama hingga sila terakhir?”. Di sila pertama yang berisi ketuhanan yang maha esa. Hal ini menunjukkan pentingnya hubungan kita kepada Allah SWT. Karena keimanan kita kepada Allah SWT merupakan wujud penghambaan umat manusia memercayai adanya Allah SWT. Pada sila kedua, yakni kemanusiaan yang adil dan beradab. Di sini sebagai manusia harus memiliki jiwa sosial, saling menolong dan saling menjaga satu dengan yang lain.

Kemudian beliau pun melanjutkan tentang sila ketiga yakni tentang persatuan Indonesia. Negara ini lahir atas perjuangan para pendahulu. Negara ini terbentuk atas jerih payah dan tetesan darah para pejuang di masa lalu. Maka sudah sepatutnya kita menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Karena dengan kekayaan bangsa Indonesia yang teramat kaya, banyak bangsa lain yang iri kepada Indonesia, dan mereka ingin mengambil sumber daya alam kita. Maka menjaga kesatuan Indonesia wajib hukumnya.

Selain itu karena pada tanggal 2 Oktober 2023 juga diperingati sebagai hari batik nasional. Batik bukan sekadar goresan tangan di atas kain yang membentuk mahakarya seni yang indah. Namun merupakan sebuah karya yang penuh makna dan filosofis. Maka sebagai masyarakat yang turut serta dalam pembangunan bangsa, sudah sepatutnya kita menjaga dan melestarikan penggunaan batik di nusantara.

Leave a Comment