MATSAMA MAN 1 GRESIK 2023 MENGANGKAT TEMA “MAN 1 GRESIK GOES TO WORLD CLASS”

Mengawali tahun ajaran baru, sebagaimana pada umumnya sering diisi dengan kegiatan Matsama atau Masa Taarauf siswa Madrasah. Kegiatan yang berisi pengenalan lingkungan madrasah tersebut diikuti ratusan siswa baru MAN 1 Gresik. Kegiatan tersebut berlangsung cukup meriah. Banyak peserta Matsama yang hadir di MAN 1 Gresik sejak pukul 06.00 WIB. Rangkaian kegiatan Matsama MAN 1 Gresik sendiri dimulai pukul 06.30.

Seluruh peserta Matsama pada pukul 06.30 WIB mengikuti kegiatan pembiasaan yakni salat dluha. Setelah mengikuti kegiatan pembiasaan salat dluha, seluruh peserta Matsama langsung berkumpul di lapangan untuk mengikuti kegiatan apel pembukaan. Peserta Matsama berbaris rapi sesuai dengan kelompok masing-masing.

Pembukaan Matsama 2023 dibuka langsung oleh PLH Kepala MAN 1 Gresik. Dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat kepada seluruh peserta Matsama yang merupakan bagian dari keluarga besar MAN 1 Gresik. Beliau mengimbau agar dalam proses Matsama dapat mengikuti dengan saksama agar dapat mentgambil hal-hal yang bermanfaat.

Kegiatan pembukaan Matsama secara simbolis dilakukan dengan penyematan tanda peserta dan menerbangkan balon dengan gantungan baner yang bertuliskan Matsama 2023—2024. Pelepasan balon ke udara diikuti dengan riuh tepuk tangan dari seluruh peserta Matsama. Tidak ketinggalan seluruh guru MAN 1 Gresik yang mengikuti apel Matsama juga turut serta memberikan tepuk tangan.

Setelah kegiatan apel pembukaan, peserta Matsama langsung diarahkan untuk menuju Aula Ulul Albab MAN 1 Gresik. Ada beberapa materi yang disampaikan pada hari pertama Matsama MAN 1 Gresik 2023—2024. Materi pertama yakni tentang akademik yang disampaikan oleh Waka Kurikulum MAN 1 Gresik Ibu Siti Amriyah, S.Pd. penyampaian materi dilanjutkan dengan tata tertib siswa yang disampaikan oleh Bapak Abdul Khozim, M.Pd.I. Materi keorganisasian yang disampaikan oleh Bapak Ach. Alfiansyah, S.Kom. Materi Adiwiyata yang disampaikan oleh Bapak Drs. Chusnan, dan meteri terakhir tentang prestasi dan alumni MAN 1 Gresik yang disampaikan oleh Bapak Agus Sahrul Mubarich, M.Pd.

Kegiatan Matsama di hari pertama tidak hanya berisi tentang materi, namun juga penampilan atau demo ekstrakurikuler. Pada hari pertama peserta Matsama kembali menikmati pementasan dua ekstrakurikuler yakni banjari dan MHQ.

Matsama tahun ini MAN 1 Gresik berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini Matsama dilaksanakan dengan mengangkat tema “MAN 1 Gresik Goes to World Class”. Tema tersebut dalam rangka menyiapkan MAN 1 Gresik sebagai madrasah yang menuju kelas dunia. Berdasarkan tema tersebut, seluruh peserta Matsama dibagi kelompok sesuai dengan nama negara dan menggunakan atribut berkaitan dengan negara luar negeri.

Leave a Comment