HARI KEDUA MATSAMA DI MAN 1 GRESIK, SELURUH PESERTA KENAKAN PAKAIAN ADAT NUSANTARA

Pelaksanaan Matsama di hari kedua berjalan cukup meriah. Tidak seperti pada hari pertama, di hari kedua pelaksanaan Matsama MAN 1 Gresik tahun 2023 yang tepatnya dilaksanakan pada 18 Juli 2023, seluruh peserta mengenakan pakaian adat budaya nusantara. Tampak beberap peserta ada yang mengenakan budaya Nias, Padang, Jawa, Madura, NTB, dan beberapa pakaian khas adat daerah lainnya.

Penggunaan pakaian adat nusantara dilaksanakan bertujuan agar seluruh peserta Matsama lebih mengenal kultur daerah di nusantara. Selain itu, melalui penggunaan pakaian adat nusantara, peserta Matsama diharapkan dapat mencintai dan melestarikan budaya nusantara.

Setelah apel pagi, peserta yang mengenakan pakaian adat paling lengkap, mendapatkan kesempatan untuk maju ke depan. Selanjutnya peserta tersebut diminta untuk berjalan melintasi halaman MAN 1 Gresik yang digunakan untuk apel. Kemudian peserta dengan pakaian adat terlengkap maka akan mendapatkan reward dari panitia Matsama.

Selain menggunakan pakaian adat, pada hari kedua peserta Matsama mendapatkan beberapa materi yang cukup menarik. Beberapa materi tersebut meliputi Ukhuwah Islamiyah, Basyariya, dan Ukhuwah Wathoniyah. Peserta Matsama juga mendapatkan materi tentang etika pergaulan dan bermedsos yang disampaikan oleh Tim BK MAN 1 Gresik. Tidak ketinggalan materi literasi juga disampaikan dalam Matsama dihari kedua. Peserta Matsama juga disuguhi penampilan atau demo ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler yang unjuk penampilan meliputi Band, Singer, dan Movie

Leave a Comment