PMR MAN 1 GRESIK SELENGGARAKAN KEGIATAN SOSIAL DONOR DARAH SUKARELA LIBATKAN MASYARAKAT UMUM

Sebagai bentuk kepedulian kepada sesama, PMR MAN 1 Gresik selenggarakan kegiatan sosial donor darah. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin, 29 Mei 2023. Awalnya kegiatan ini rencananya dilaksanakan pada pertengahan bulan Maret, namun karena waktu itu mendekati bulan Ramadan, dan juga padatnya jadwal kegiatan PMI Kabupaten Gresik, akhirnya kegiatan pun ditunda. Kegiatan donor darah di MAN 1 Gresik pun dapat dilaksanakan di akhir bulan Mei.

Kegiatan donor darah ini tidak hanya diikuti oleh warga madrasah, namun kegiatan sosial donor darah juga mengundang masyarakat sekitar madrasah. Selain itu kegiatan ini juga melibatkan peserta didik dari sekolah atau madrasah lain. Berdasarkan data yang dimiliki panitia pelaksana, total ada sekitar 88 peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan sosial donor darah dilaksanakan di Auditorium Ma’had AL Hikmah. Pukul 07.30 tim Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Gresik hadir di madrasah pukul 07.45 WIB. Prosesi pengambilan donor darah sendiri dimulai pukul 08.00 WIB.

Menurut Kordinotor kegiatan donor darah Bapak Agus Sahrul Mubarich, M.Pd. kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh PMR MAN 1 Gresik. Kegiatan sosial donor darah di MAN 1 Gresik sendiri pernah terhenti sekitar 3 tahun karena pandemi covid-19. Sedangkan kini setelah pandemi covid-19 berakhir, kegiatan donor darah di MAN 1 Gresik pun siap diselenggarakan rutin setiap tahun. Selain sebagai bentuk kepedulian pada sesama manusia, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar warga madrasah baik guru, pegawai, maupun peserta didik dapat memiliki jiwa kepedulian kepada sesama.

Kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I yang juga menjadi pendonor darah pada kegiatan tersebut menuturkan bahwa kegiatan sosial ini merupakan program positif dan wujud nyata kepedulian madrasah kepada sesama. Madrasah mendukung penuh kegiatan sosial semacam ini. Beliau berharap kegiatan ini terus berlanjut di tahun yang akan datang. Beliau pun berpesan agar pelaksanaan kegiatan sosial donor darah yang akan datang melibatkan lebih luas masyarakat di daerah Bungah dan sekitarnya.

Leave a Comment