MAN 1 GRESIK SELENGGARAKAN ISTIGHOUTSAH DAN KHATAMAN AL QUR’AN MENGAWALI MASUK KERJA DI BULAN RAMADAN 1444 H

Awali kegiatan setelah cuti bersama, MAN 1 Gresik selenggarakan doa bersama di Aula MAN 1 Gresik pada Jumat, 25 Maret 2023. kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh guru dan pegawai MAN 1 Gresik. Kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan istighoutsah yang diimami oleh Bapak As’ad, M.Pd.

Setelah pembacaan istighoutsah, kegiatan pun dilanjutkan dengan salat dluha berjamaah yang diimami langsung oleh kepala MAN 1 Gresik, Drs. H. Muhari, M.Pd.I. Seluruh guru dan pegawai MAN 1 Gresik pun mengikuti salat dluha berjamaah dalam 6 rakaat. Setelah salat dluha berjamaah, kegiatan dilanjutkan dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ustaz Suudi Wafa.

Dalam tausiyahnya, Ustaz Suudi Wafa menyampaikan bahwa sebagai manusia kita patut bersyukur kepada Allah SWT atas doa yang selalu dipanjatkan sebelum Ramadan yaitu wa balighna romadon . apa yang telah kita inginkan dalam doa itu kini telah kita rengkuh. Beliau melanjutkan tausiyahnya dengan mengutip Surat Al Baqoroh ayat 183 yang mana dalam ayat tersebut Allah memanggil orang-orang yang beriman. Namun setiap sebuah panggilan dari Allah SWT ada konsekuensi yang harus dijalankan. Begitupula dengan Al Baqoroh ayat 183 bahwa dalam ayat tersebut umat muslim diperintahkan untuk berpuasa sebagaimana umat-umat terdahulu juga diwajibkan untuk berpuasa namun dengan cara yang berbeda.

Ustaz Suudi Wafa melanjutkan bahwa ending dari ibadah puasa yaitu ketaqwaan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan hubungan puasa dan taqwa yaitu sama-sama mengendalikan hawa nafsu. Tidak mungkin seorang hamba menjadi bertaqwa kalau tidak dapat mengandalkan hawa nafsu.

Setelah tausiyah kegiatan dilanjutkan dengan khataman Al Qur’an yang diikuti oleh seluruh guru dan pegawai MAN 1 Gresik. Selesai Khataman Al Qur’an, Kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I menyampaikan sedikit informasi mengenai kegiatan selama bulan Ramadan. Kepala madrasah asal Lowayu Dukun tersebtu mengawali sambutannya dengan mengajak bersyukur atas karunia Allah SWT karena seluruh keluarga besar MAN 1 Gresik masih diberikan kesempatan bertemu dengan bulan Ramadan. Beliau pun mengecek kehadiran satu per satu guru dan pegawai yang hadir kerja di hari pertama. Pak Muhari juga menyampaikan tentang surat edaran dari Menteri Sekretaris Negara tentang larangan menyelenggarakan buka bersama bagi seluruh instansi pemerintah.

Leave a Comment