ERVIN ZUROIDAH, S.Psi GURU BK MAN 1 GRESIK RAIH PENGHARGAAN GTK INSPIRATIF TINGKAT NASIONAL

MAN 1 Gresik kembali melejit dengan raihan prestasi. Kali ini prestasi berhasil diraih oleh Ibu Ervin Zuroidah, S.Psi. Guru yang menjadi salah satu bagian dari guru Bimbingan Konseling siswa MAN 1 Gresik tersebut berhasil meraih penghargaan sebagai GTK madrasah inspiratif tingkat nasional. Keberhasilan tersebut melengkapi keberhasilan GTK yang lainnya yang berhasil meraih presdikat GTK madrasah inspiratif pada kategori laboran.

Bu Ervin sapaan akrabnya merih predikat tersebut dalam anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memberikan apresiasi, penghargaan dan motivasi kepada guru dan tenaga kependidikan madrasah agar dapat meningkatkan mutu pendidikan dan SDM melalui penganugerahan GTK Madrasah Berprestasi, Inspiratif, Inovatif, dan Berdedikatif. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara nasional oleh Dirjen GTK Madrasah.

Adapun pelaksanaan GTK terdiri atas beberapa kategori. Terdapat tiga kategori yang dapat diikuti oleh guru dan tenaga pendidik di bawah naungan Kementerian Agama yang meliputi GTK madrasah berprestasi, GTK madrasah inspiratif, dan GTK madrasah inovatif, dan GTK madrasah dedikatif. Adapun untuk kategori peserta tenaga pendidik laboran dapat memilih beberapa subkategori diantaranya (1) Pengembangan kinerja peralatan dan bahan yang ada di laboratorium, (2) Pengembangan metode kerja peralatan yang ada di laboratorium, (3) Pengembangan metode pengujian/kalibrasi dan atau produksi dalam skala terbatas menggunakan peralatan dan bahan yang ada di laboratorium, (4) Pengembangan sistem pengelolaan laboratorium, dan (5) Pembuatan karya produk inovatif.

Menurut guru yang sudah 16 tahun mengabdi di MAN 1 Gresik tersebut dirinya tidak menyangka dapat meraih prestasi tersebut. menurutnya ia hanya melakukan yang terbaik untuk siswa MAN 1 Gresik sesuai dengan tupoksinya sebagai guru BK. Ia terus melakukan yang terbaik agar bakat dan potensi siswa MAN 1 Gresik dapat terus berkembang.

Ketika diwawancarai mengenai aktivitasnya sebagai guru BK MAN 1 Gresik hingga mampu mengantarkannya sebagai guru BK inspiratif yaitu memberikan layanan konseling kepada siswa yang dilakukan secara offline maupun secara online tanpa mengenal batasan waktu. Kapanpun peserta didik memerlukan bantuan maupun bimibingannya, ia selalu siap. Dalam melakukan konseling Bu Ervin banyak menerapkan pendekatan spiritual, seperti memulai konseling dengan berdoa terlebih dahulu dan menutup konselig dengan pesan-pesan moral spiritual.

Selain itu, agar layanan konseling pada siswa MAN 1 Gresik dapat terus diberikan secara prima ia terus meningkatkan kompetensi dengan terus aktif dalam berbagai kegiatan ilmiah yang yang diselenggarakan di perguruan tinggi. Bahkan Bu Ervin juga tercatat sebagai Fasilitator Daerah (Fasda) program peningkatan kompetensi guru BK Madarasah Aliyah dan Madarasah Tsanawiyah (Program Madrasah Reform) untuk wilayah Kabupaten Gresik dan sekitarnya.

Keberhasilan Bu Ervin Zuroidah, S.Psi tentu merupakan suatu yang membanggakan bagi MAN 1 Gresik. Menurut Kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I. beliau mengucapkan syukur dan selamat atas prestasi yang diraih oleh guru dan tenaga pendidikan yang ia pimpin. Tentu keberhasilan ini harus tersu ditingkatkan, karena menurutnya keberhasilan suatu lembaga dalam mengembangkan pendidikan itu meliputi berbagai indikator, salah satunya yaitu keberhasilan pendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan memiliki prestasi di luar madrasah.

Leave a Comment