MENJELANG PUNCAK HAUL KE-124 K.H. SOLEH TSANI
1097 SISWA MAN 1 GRESIK ZIARAH KE MAQBAROH MUASIS PESANTREN QOMARUDIN

Sehubungan dengan diselenggarakannya Haul ke 124 K.H. Sholeh Tsani pengasuh keempat Pondok Pesantren Qomaruddin Bungah, 1.097 siswa MAN 1 Gresik berziarah ke maqbaroh KH. Soleh Tsani pada Rabu 14 Desember 2022. Seluruh siswa yang berziarah didampingi guru dan pegawai MAN 1 Gresik. Begitu pula pimpinan madrasah turut serta dalam kegiatan tersebut.

Untuk memudahkan mobilisasi siswa MAN 1 Gresik pada saat ziarah, maka pelaksanaan ziarah ke kompleks maqbaroh K.H. Soleh Tsani pun dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama terdiri atas siswa kelas X dan didampingi oleh wali kelas masing-masing. Sebagai kordinator pelaksanaan ziarah ke Maqbaroh yaitu Bapak Mat Iksan. Gelombang pertama berangkat ke maqbaroh pukul 07.30 WIB. Selesai pelaksanaan ziarah gelombang yang pertama, dilanjutkan rombongan siswa MAN 1 Gresik gelombang kedua yang mulai berangkat ke Maqbaroh pukul 09.00 yang dipimpin oleh Bapak Solih, M.Ag.

Kegiatan ziarah ke maqbaroh muasis Pondok Pesantren Qomaruddin Sampurnan Bungah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya. Terutam pada saat menjelang pelaksanaan Haul K.H. Soleh Tsani. Namun dua tahun terakhir tidak dilaksanakan pengerahan seluruh siswa karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 dan pembelajaran masih dilakasanakan secara daring.

Menurut Kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I kegiatan seacam ini merupakan hal penting dalam pendidikan karakter peserta didik. Selain sebagai bentuk penghormatan kepada sesepuh Pesantren Qomaruddin dan juga sesepuh Sampurnan Bungah dengan mendoakan tokoh-tokoh tersebut atas jasanya dalam memerjuangkan agama Islam, kegiatan ini juga bertujuan mengharap berkah atau kalau dalam istilah Jawa yaitu ngalab berkah dari pendahulu-pendahulu kita. Melalui aktivitas demikian, semoga MAN 1 Gresik semakin berkembang dan berprestasi.

Haul K.H. Soleh Tsani ke 126 atau juga sering disebut sebagai Haul Bungah merupakan sebuah perayaan tahunan yang bukan hanya ‘hajatan’ bagi santri Pesantren Qomaruddin saja. Banyak masyarakat sekitar bahwa Haul K.H. Soleh Tsani seolah menjadi hari raya bagi masyarakat Bungah. selain ramai orang yang bersilaturahim serta berziarah ke maqbaroh K.H. Soleh Tsani, hal itu dapat dilihat dari banyaknya pedagang yang mengais rezeki dalam kegiatan tahunan tersebut di sepanjang jalan Sampurnan Bungah.

Pada mulanya Haul Bungah diselenggarakan oleh putra-putri KH. Mohammad Sholih Tsani, termasuk KH. Ismail selaku putra KH. Mohammad Sholih Tsani dan pengasuh Pondok Pesantren Qomaruddin pada kisaran tahun 1321 H/1903 M. Pada waktu itu K.H. Ismail mengundang segenap keluarga besar Bani Qomaruddin, sebutan untuk keturunan K.H. Qomaruddin (pendiri Pondok Pesantren Qomaruddin), serta seluruh santri dan alumni Pondok Pesantren Qomaruddin. Jumlah tersebut sudah sangat besar pada masa itu meskipun belum seramai sekarang.

Leave a Comment