TIM OLIMPIADE EKONOMI MAN 1 GRESIK RAIH JUARA 2 ECONOMIC COMPETITION ANNUAL ACTIVITY 2022 TINGKAT NASIONAL DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Tim Olimpiade Ekonomi MAN 1 Gresik berhasil menorehkan prestasi membanggakan. Beranggotakan dua siswa dalam satu tim yakni Saif Ali Khan siswa kelas XII MIPA 1 dan Muhammad Randy Prayoga siswa kelas XI IPS 3 sukses meraih juara 2 Olimpiade Ekonomi tingkat nasional yang diselenggarakan di Universitas Negeri Surabaya.

Dalam olimpiade yang bernama Ecoly atau singkatan dari Economic Competition Annual Activity 2022 tersebut, siswa MAN 1 Gresik harus melalui beberapa tahapan hingga menembus babak Grand Final. Tim Olimpiade MAN 1 Gresik harus mengikuti babak penyisihan pada tanggal 5 November 2022. Babak penyisihan diikuti sebanyak 244 Tim Olimpiade Ekonomi se-Indonesia. Babak penyisihan Ecoly 2022 dilaksanakan secara daring melalui zoom dengan pengawasan yang cukup ketat dari pihak panitia. Dari 244 tim yang mengikuti babak penyisihan, terpilihlah 21 tim yang berhak melaju ke babak semi final.

Babak semi final dilaksanakan pada tanggal 12 November 2022. Pada babak semi final ini seluruh peserta wajib menjalani proses karantina yang dilakukan oleh panitia pelaksana Ecoly 2022. Dari 21 Tim yang berkompetisi di babak semi final, diambil 9 tim terbaik yang berhak bersaing di babak final. Babak final dilaksanakan pada hari berikutnya yakni 13 November 2022.

Pada babak final, Tim Olimpiade MAN 1 Gresik harus menjalani sistem kompetisi yang berbeda dari sebelumnya. Di babak ini, tim Olimpiade MAN 1 Gresik harus menjalani sistem perlombaan berbentuk cerdas cermat. Siswa MAN 1 Gresik dintantang untuk berpikir kritis dan analitis untuk menjawab secara cepat pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri. Setelah melalui babak final yang menggunakan sistem cerdas cermat, peserta dikerucutkan menjadi 4 tim terbaik yang berhak tampil di babak grand final di hari yang sama.

Di babak grand final, mempertemukan empat tim terbaik yaitu, MAN 1 Gresik, MAN Insan Cendekia Pasuruan, MAN 2 Kota Malang, dan MAN Trenggalek. Keempat tim tersebut harus melalui tahap puncak ecoly 2022 dengan persaingan yang lebih ketat lagi. Di babak grand final ini, 4 tim terbaik diberikan studi kasus mengenai ekonomi dan akuntansi untuk melatih kemampuan berpikir serta meningkatkan pengetahuan mereka. Kemudian setiap peserta harus mempresentasikan hasil analisis terhadap studi kasus tersebut dihadapan para dewan juri.

Atas keberhasilan tersebut, Tim Olimpiade MAN 1 Gresik yang beranggotakan Saif Ali Khan (XII MIPA 1) dan Randy Prayoga (XI IPS 3) berhak membawa pulang beberapa penghargaan. Mereka berdua mendapat hadiah berupa Trofi juara 2, uang pembinaan sebesar 1 juta, dan golden tiket masuk Universitas Negeri Surabaya pada tahun 2023 mendatang.

Atas kesuksesan Tim Olimpiade MAN 1 Gresik tersebut, Kepala MAN 1 Gresik, Drs. H. Muhari, M.Pd.I mengucapkan selamat atas prestasi yang membanggakan tersebut. Beliau mengapresiasi jerih payah pembina dan siswa MAN 1 Gresik yang terus berupaya untuk berprestasi dalam kegiatan kompetisi seperti ini. Keberhasilan meraih juara dalam Ecoly 2022 jangan dinilai atas kesuksesan merebut trofi semata, namun bagaimana guru dan siswa MAN 1 Gresik dapat mengaktualisasikan dirinya dengan ilmu pengetahuan terkini. Beliau juga berpesan agar prestasi siswa harus terus ditingkatkan. Program-program bimbingan olimpiade dan pengembangan diri siswa melalui ekstrakurikuler pun harus diintensifkan. Hal itu bertujuan agar bakat dan kemampuan siswa dapat terus berkembang secara optimal.

Leave a Comment