DINI GUSTIKA SISWA MAN 1 GRESIK DINOBATKAN SEBAGAI JUARA 3 DUTA GENRE KABUPATEN GRESIK 2022

Salah satu siswa MAN 1 Gresik berhasil menorehkan tinta emas dengan prestasi yang ia raih. Siswa tersebut bernama Dini Gustika. Siswa yang saat ini berdomisili di Desa Sukowati, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik tersebut berhasil menjadi juara 3 Duta Genre (Generasi Berencana) Kabupaten Gresik tahun 2022.

Sebelum ditahbiskan menjadi juara 3 Duta Genre Kabupaten Gresik, siswa kelahiran Natar Lampung Selatan tersebut harus melalui beberapa tahapan. Ia harus melalui serangkaian tes yang meliputi seleksi administrasi. Setelah dinyatakan lolos pada seleksi administrasi, ia pun kemudian menjalani serangkaian tes wawancara yang dilaksanakan secara offline di gedung Pemerintah Kabupaten Gresik. Setelah menjalani serangkaian tes tersebut, ia pun dinyatakan lolos ke babak final. Karena lolos menjadi seorang finalis Duta Genre, maka Dini Gustika pun harus mengikuti tahap pra karantina selama 1 minggu.

Selama proses karantina, Dini Gustika pun tidak hanya memersiapkan diri dengan wawasan yang lebih luas mengenai Generasi Berencana yang digagas BKKBN Kabupaten Gresik. Ia juga harus memiliki kemampuan life skill, dan tentunya ia secara intensif berlatih tentang kemampuan public speaking. Bahkan sebelum grand final berlangsung ia juga berlatih untuk berjalan atau catwalk di atas panggung.

Setelah dikarantina selama 1 minggu, siswa yang duduk di kelas XII MIPA 4 tersebut pun menjalani tahapan terakhir dalam pemilihan duta Genre 2022 yakni babak grand final. Grand Final pemilihan Duta Genre Kabupaten Gresik 2022 dilaksanakan pada tanggal 13 November 2022. Pelaksanaan Grand final dilaksanakan di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP).

Ketika dihubungi secara langsung oleh Timpres MAN 1 Gresik, menurutnya Hal yang paling mengesankan selama mengikuti rangkaian pemilihan Duta Genre yaitu ia dapat menambah pengetahuan baru tentang tantangan apa saja yang harus kita lalui di masa remaja ini. Selain itu, ia juga berlatih bagaimana cara seorang pelajar menghadapi permasalahan remaja di masa sekarang. Baginya, keterampilan selama pemilihan Duta Genre 2022 menjadikan pribadinya yang lebih percaya diri untuk tampil di depan banyak orang.

Sebagai juara 3 Duta Genre Kabupaten Gresik ia memiliki segudang harapan. Ia berharap sebagai Duta Genre yang baru, ia bisa menjalankan amanah sebagaiu pioner remaja di Kabupaten Gresik. Ia juga sudah memiliki serangkaian program untuk mewujudkan generasi remaja Kabupaten Gresik yang berencana. Melalui program kerja yang telah ia siapkan, ia siap menjadi remaja percontohan yang mampu menciptakan masa depan secara rencana.

Keberhasilan Dini Gustika meraih juara 3 Duta Genre Kabupaten Gresik 2022 meneruskan rentetan prestasi pada tahun sebelumnya. Pasalnya pada tahun 2021, siswa MAN 1 Gresik bernama Agika Rahma Putri berhasil menjadi juara 1 Duta Genre Kabupaten Gresik 2021. Pada waktu itu, ia pun mewakili Kabupaten Gresik dalam pemilihan Duta Genre Jawa Timur.

Leave a Comment