MAN 1 GRESIK HADIRKAN KANIT BINMAS POLSEK BUNGAH SOSIALISASIKAN BAHAYA RADIKALISME DI KALANGAN PELAJAR

Tepat setelah pelaksanaan upacara Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022 di halaman MAN 1 Gresik, pukul 08.00 WIB, seluruh kelas siswa kelas XII langsung menuju aula Ulul Albab. Para siswa sudah ditunggu oleh Kanit Binmas Polsek Bungah Gresik Aiptu M. Utsman.

Dalam kesempatan tersebut, Kanit Binmas Polsek Bungah Gresik Aiptu M. Utsman. Menyampaikan sosialisasi tentang bahaya radikalisme di kalangan pelajar. Menurutnya, radikalisme itu berasal dari kata Radic yang artinya akar atau hal-hal yang bersifat mendasar.

Radikalisme adalah satu paham yang menghendaki perubahan secara drastis. Karena mengingingkan perubahan secara drastis, maka radikalisme itu dekat dengan kekerasan. Apabila itu sudah terjadi, maka tentu orang yang terpapar radikalismen akan memiliki jiwa dan sikap intoleransi.

Beliau menjelaskan bahwa terdapat beberapa ciri-ciri paham radikalisme. Ciri-ciri tersebut yaitu,
(1) Suka membid’ah kan orang lain
(2) Mudah mengkafirkan orang lain
(3) Bersikap intoleransi
(4) Tidak menghormati kebhinekaan.

Hal itu semua dapat disebabkan oleh beberaoa faktor. Faktor penyebab tersebut yaitu (1) pemikiran yang sempit, (2) faktor kemiskinan atau ekonomi, (3) kesenjangan sosial yang terlalu jauh, (4) nafsu untuk berkuasa, (5) menjadikan politik sebagai alat untuk mengubah ideologi, (6) diskriminasi global maupun lokal, dan (7) fanatisme buta.

Agar hal itu tidak terjadi pada seluruh siswa MAN 1 Gresik, maka perlu adanya menangkal radikalisme sejak dini. Hal ini agar para pemuda tidak mudah terpengaruh oleh paham-paham radikalisme. Terdapat pendidikan karakter yang perlu diselipkan dalam pendidikan yaitu,
(1) Religius
(2) Pembangunan mental kejujuran
(3) Penanaman sikap toleransi
(4) Penguatan budi pekerti luhur
(5) Disiplin dalam mentaati aturan sekolah maupun pemerintah.a

Leave a Comment