KEPALA KANTOR KEMENAG KABUPATEN GRESIK

TANAMKAN MODERASI BERAGAMA DI HADAPAN RIBUAN SISWA MAN 1 GRESIK

 

 

Jumat, 8 April 2021. MAN 1 Gresik menghahadirkan tamu istimewa untuk mengisi puncak acara Pondok Ramadan di MAN 1 Gresik. Kegiatan yang dipusatkan di Aula Ulul Albab dan Musala Al Hikmah MAN 1 Gresik tersebut diisi dengan penyampaian materi Moderasi beragama yang disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Drs. Sahid, M.M.

Dalam kesempatan tersebut, beliau mengisi materi tentang konsep moderasi beragama dihadapan 732 siswa kelas X dan kelas XI. Karena dilaksanakan dalam situasi pandemi, kegiatan tersebut pun harus dibagi dalam dua tempat. Tempat utama yakni Aula Ulul Albab MAN 1 Gresik dan penayangan layar via live streaming di Aula Al Hikmah. Meskipun dilaksanaka di dua tempat berbeda, hal tersebut tidak mengurangi antusiasme siswa dan guru MAN 1 Gresik untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan puncak Pondok Ramadan tersebut mengangkat tema “Membumikan Moderasi Beragama dalam Bingkai Romadan”. Kegiatan pun dimulai pukul 09.00. seluruh guru dan karyawan MAN 1 Gresik pun langsung mengikuti kegiatan tersebut dengan mengenakan baju busana muslim lengkap dan duduk di barisan paling depan. Kegiatan pun dimulai dengan pembukaan, sambutan oleh kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I yang memberikan motivasi dan semangat kepada peserta pondok ramadan dan dilanjutkan pembacaan ayat suci Al Qurán oleh siswa MAN 1 Gresik. Sebelum Kepala Kemenag menyampaikan materi, kegiatan dimulai dengan pemantik mengenai moderasi beragama oleh moderator Bapak Agus Sahrul Mubarich, M.Pd. Beliau membuka pemantik materi dengan mengutip Q.S. Al Hujarat ayat 13. Menurut paparannya, sejatinya Allah menciptakan manusia itu sudah berbeda dengan adanya suku-suku dan berbangsa-bangsa agar manusia bisa saling mengenal. Maka perbedaan bukanlah untuk memecah belah, namun agar manusia bisa saling mengenal, menghargai, dan saling mengasihi

Kepala Kemenag yang belum genap menjabat 1 tahun di Kemenag Gresik itu pun menimpali pernyataan pemantik kegiatan tersebut dengan dahului menyapa seluruh hadirin yang hadir di Aula dan yang mengikuti melalui Live Streming kanal Youtube M1G TV. Beliau melanjutkan bahwa perbedaan merupakan salah satu karunia Allah yang patut disyukuri. Melalui perbedaan kita sebagai manusia dapat menjadi orang yang mampu menghargai orang lain, dan mencintai orang lain. Bahkan beliau menganalogikan kalau semua orang sama, maka hidup manusia menjadi statis dan tidak berwarna. Oleh karena itu perbedaan adalah hal yang biasa dalam hidup ini. Sama halnya ketika kita makan ada yang menyukai makan sate dan yang lain ada yang menyukai makan bakso, dan hal itu merupakan hal yang sah-sah saja tanpa perlu diributkan.

Moderasi beragama menjadi hal penting. Karena moderasi beragama akan menjadi saksi dalam menciptakan harmoni sosial. Melalui moderasi keberagaman dapat menjaga kebebasan dalam menjalankan kehidupan beragama. Ketika manusia bisa menjalankan moderasi keberagaman, maka sesama umat dapat menghargai keragaman tafsir dan perbedaan pandangan dan itu semua dapat menghindarkan dari tindak ekstrimisme dan intoleransi beragama

Beliau juga menekankan beberapa hal kepada guru, karyawan dan seluruh siswa agar dapat menyikapi keragaman dengan sikap toleransi. Menurutnya, agama tidak perlu dimoderasi, karena agama sudah mengajarkan tentang moderasi itu sendiri. Namun yang perlu dimoderasi yakni cara pandanganya, cara memahami dan cara menyikapi sesuatu. Maka dari itu, beliau berpesan agar dalam menjalankan Al Qur’an dan menjalankan agama tidak terlalu ekstrim ke kanan atau ke kiri. Pengamalan nilai-nilai agama harus berada di tengah-tengah.

Kegiatan puncak Pondok Ramadan itu pun berjalan dengan cair. Hal itu karena Kepala Kemenag lulusan Pascasarjana Universitas Gajayana Malang tersebut mengeluarkan jokes-jokes yang menghidupkan suasana. Sehingga kegiatan tersebut pun berjalan dengan menarik. Beliau juga mengapresiasi peran serta MAN 1 Gresik dalam mengembangkan sumber daya manusia yang moderat dalam berpikir, dan mengedepankan toleransi dalam keberagaman.(humas)

 

Jangan Lupa klik LIKE, KOMENT dan SUBSCRIBE channel kami.

Leave a Comment