KEPALA KEMENAG GRESIK BAKAL ISI MATERI MODERASI KEBERAGAMAN
DALAM PONDOK RAMADAN MAN 1 GRESIK

 

Sebagai penguatan pola pikir siswa MAN 1 Gresikd alam memahami perbedaan, Kepala Kemenag Gresik Drs. Sahid, M.M berencana mengisi langsung materi toleransi keberagaman di hadapan 700 siswa MAN 1 Gresik. Kegiatan yang rencananya dilaksanakan di aula MAN 1 Gresik tersebut juga sebagai acara penutup dalam rangkaian acara Pondok Ramadan MAN 1 Gresik yang diselenggarakan mulai tanggal 4 April 2022 tersebut yang bertajuk “Membumikan Moderasi Beragama Dalam Bingkai Ramadan”.

Rencananya, pejabat yang pernah menempuh pendidikan Gresik tersebut akan menyampaikan beberapa poin penting dalam moderasi beragama,
1. Antisipasi gerakan ekstrimisme melalui gawai
2. Penguatan pendidikan berbasis agama
3. Penguatan literasi media digital
4. Membangun pola komunikasi moderat
5. Deteksi dini mengenai paham yang radikal.

Dijumpai secara terpisah, Kepala MAN 1 Gresik Drs. Muhari, M.Pd.I menyampaikan bahwa materi moderasi keberagamaan merupakan hal yang esensial untuk disampaikan kepada pelajar utamanya pelajar MAN 1 Gresik. Mengingat anak-anak usia sekolah merupakan anak di usia transisi yang sangat ingin tahu mengenai hal baru. Apabila peserta didik dibiarkan begitu saja mencari informasi baru tanpa ada pemahaman yang lebih moderat mengenai hal tersebut, maka bisa jadi akan memiliki pemahaman yang ekstrim tyanpa memahami hakikat toleransi. Maka dari itu materi toleransi keberagaman merupakan poin penting yang sifatnya urgen untuk bekal siswa MAN 1 Gresik ketika meninggalkan madrasah.

Pondok Ramadan merupakan program tahunan yang dilaksanakan MAN 1 Gresik setiap bulan Ramadan. Namun program ini sempat terhenti selama 2 tahun karena pandemi Covid-19. Selain penyampaian materi tentang moderasi keberagaman, Pondok Ramadan MAN 1 Gresik juga diisi dengan kegiatan khataman Al Qur’an dan juga ngaji kitab kuning denagn metode klasikal. Adapun pengisi ngaji kitab kuning yakni K.H. Nuril Huda, K.H. Musiful Ibad, dan Ustaz Zahrony. Selain itu peserta didik juga diberikan materi mengenai taharah, serta mengenai hukum puasa dan zakat bagi orang mukmin.(Humas)

Leave a Comment