2 SISWA MAN 1 GRESIK LOLOS SELEKSI PASKIBRA TINGKAT KABUPATEN GRESIK

Prestasi kembali diukir oleh siswa MAN 1 Gresik. kali ini prestasi dalam bidang nonakademik berhasil ditorehkan dari kegiatan pengembangan diri siswa Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Dua siswa MAN 1 Gresik yakni Agika Rahma Putri siswa kelas XI MIPA 1 dan Lintang Jingga Putri Islami siswi kelas XI Bahasa berhasil lolos sebagai Paskibra yang bertugas untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih pada upacara kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021 di Kabupaten Gresik.

Seleksi petugas Paskibra untuk upacara peringatan Kemerdekaan RI di Kabupaten Gresik tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora)  Kabupaten Gresik. Kegiatan seleksi tersebut diikuti oleh ratusan tim Paskibra dari berbagai sekolah di Kabupaten Gresik dan dilaksakanan di Wahana Ekspresi Pusponegoro. MAN 1 Gresik sendiri pun mengirimkan 23 siswa dari kelas X-XI yang tergabung dalam Pengembangan Diri Paskibra MAN 1 Gresik. seleksi pun dilaksanakan secara ketat. Dari MAN 1 Gresik sendiri, pelatih Paskib menyiapkan pasukan lebih kurang selama dua minggu dan digembleng langsung di halaman MAN 1 Gresik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Guna memersiapkan seleksi Paskibra, pelatih Paskib MAN 1 Gresik tidak hanya menilai berdasarkan keterampilan dalam baris berbaris, namun sejak masuk tim Paskib harus diseleksi dari segi Postru tubuh dengan tinggi tertentu, dan juga ketahanan fisik dan mental siswa. Hal ini dikarenakan, tim Paskib harus mampu tahan dalam berbagai kondisi. Tim Paskib yang lolos pun harus menjalani karantina agar pada saat upacara kemerdekaan RI berlangsung, mereka dapat bekerja secara khidmad.

Menurut Agika Rahma Putri, menjadi seorang Paskib memang impiannya sejak kecil. Ia pun sudah sejak lama kagum apabila melihat petugas Paskib yang sedang bertugas di lapangan upacara. Semenjak itu ia selalu mencari informasi mengenai prosedur yang dilalui untuk menjadi petugas Paskib. Harapannya ke depan, ia dapat menjadi petugas Paskib di level yang lebih tinggi lagi. Ia juga berharap adek-adek kelas di MAN 1 Gresik juga terus semangat meraih impiannya apabila ingin lolos seleksi Tim Paskibra. apalagi saingannya juga tidak sedikit. Terus belatih, menjaga pola makan, menjaga pola kesehatan, dan tentunya adalah kunci utama agar bisa lolos tim Paskibra

Leave a Comment