PERINGATI HARI GURU NASIONAL

MAN 1 GRESIK SELENGGARAKAN LOMBA VIDEO GURU DAN PENYERAHAN TANAMAN HIAS PADA GURU

Gresik, 26 November 2020. Semarak pelaksanaan peringatan hari guru nasional di MAN 1 Gresik diselenggarakan secara virtual melalui MIG TV dan juga menghadirkan beberapa guru dan perwakilan siswa MAN 1 Gresik. Kegiatan yang dilaksanakan secara terbatas itu berbeda dengan pelaksanaan peringatan hari guru seperti pada tahun sebelumnya. Kalau pada tahun sebelumnya peringatan hari guru di MAN 1 Gresik dilaksanakan dengan mengadakan upacara dan penyerahan bunga kepada setiap guru sebagai simbol rasa peduli atas bakti yang dilakukan oleh pahlawan tanda jasa, berbeda dengan tahun ini yang diselenggarakan pada masa pandemi.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula MAN 1 Gresik itu dimulai pukul 13.00 WIB.  Agika Rahmah Putri dipercaya sebagai pembawa acara dan membuka acara pada kesempatan tersebut. Setelah kegiatan dibuka dilanjutkan dengan sambutan atas nama kepala madrasah yang pada kesempatan tersebut disampaikan oleh Waka Kesiswaan Drs. Abdus Salam, M.Sc. guru yang juga lulusan Pascasarjana UGM tersebut banyak mengulas adab siswa kepada guru. Meski guru hanya mengajarkan huruf hijaiyah alif, ba’, ta’, maka tidak ada istilah mantan guru. Guru tetaplah guru yang harus dihormati dan diikuti petuah-petuahnya, karena ketaatan murid pada guru merupakan salah satu kunci kesuksesan seorang murid.

Kegiatan yang mengangkat tema “Pendidikan Adalah Kunci Kesuksesan Dalam Hidup, Dan Guru Membuat Dampak yang Langgeng dalam Kehidupan Siswa” itu dilanjutkan dengan kegiatan musikalisasi puisi yang disampaikan oleh pengurus OSIS MAN 1 Gresik. Puisi yang bertemakan bhakti untuk guru itu membuat para hadirin yang hadir di aula terharu, karena puisi yang dibacakan cukup menyentuh hati para guru dan siswa.

Selesai pembacaan puisi dilanjutkan dengan penyerahan tanaman secara simbolis kepada Waka dan Guru MAN 1 Gresik yang diserahkan oleh perwakilan OSIS dan ucapan selamat hari guru dari perwakilan siswa yang hadir di Aula MAN 1 Gresik. Penyerahan tanaman kepada perwakilan guru tersebut sebagai bentuk rasa cinta pada guru dan sebagai symbol MAN 1 Gresik sebagai madrasah adiwiyata dan peduli lingkungan.

Setelah penampilan musikalisasi puisi tersebut dilanjutkan dengan pembacaan pemenang lomba video hari guru. Adapun juara lomba video hari guru diraih oleh,

Juara 1 XII MIPA 2

Juara 2 XI MIPA 3

Juara 3 XII MIPA 4

Masing-masing juara mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dari pihak madrasah.

Kegiatan peringatan hari guru di MAN 1 Gresik itu pun ditutup dengan pembacaan doa dan penayangan video pemenang lomba hari guru di MAN 1 Gresik

Leave a Comment