TIM ROBOTIC MAN 1 GRESIK SIAP HARUMKAN KOTA PUDAK

PADA AJANG MADRASAH RROBOTIC COMPETITION TINGKAT NASIONAL

 

Kreativitas dan eskpektasi tinggi kembali digaungkan oleh MAN 1 Gresik. Kali Tim Robotik MAN 1 Gresik berhasil lolos ke babak final dalam ajang MRC (Madrasah Robotic Competition) yang diselenggarakan Kementerian Agama Pusat di Jakarta pada 8—10 Februari 2021. Tim Robotic yang beranggotakan M. Anisul Fikri siswa kelas X MIPA 2 dan M Tsaqif  siswa kelas XI MIPA 1 tersebut lolos ke babak grand final pada kategori lomba Maze Solving.

Lomba robot kategori Maze Solving tersebut merupakan lomba yang menggunakan robot buatan sendiri atau robot rakitan/robot kit. Kompetisi robot kategori maze solving memiliki tingkat kerumitan tersendiri. Kategori lomba ini menuntut kecermatan perakit robot. Selain itu robot yang yang dirakit dituntut mampu melewati lintasan yang telah disediakan dengan algoritma tertentu sehingga robot yang berada di lintasan dapat mencapai finis dengan hitungan waktu tercepat. Lintasan yang harus diselesaikan memiliki warna dasar putih  dengan garis lintasan berwana hitam selebar 2 cm.

Untuk mencapai babak grand final, tim yang telah dilatih selama beberapa bulan dan dilatih langsung oleh tim IT dan tim robotic MAN 1 Gresik tersebut berhasil menyingkirkan ratusan peserta lomba robotic dari Madrasah Aliyah di Indonesia. Pada babak penyisihan tim robotic yang beranggotakan 2 siswa tersebut, menyelesaikan lomba secara virtual yang disaksiakan langsung via zoom.

Guna menghadapi babak final, Tim Robotic MAN 1 Gresik harus menjalani pelatihan intensif dan karantina selama dua bulan untuk merakit dan menguji robot yang telah dirakit.  Harapannya, robot yang sudah disiapkan tersbut dapat meraih juara 1 tingkat nasional dalam kompetisi MRC yang baru pertama kali diikuti MAN 1 Gresik tersebut.

Menurut Hj. Masfufah, M.Pd, kepala MAN 1 Gresik menyatakan bahwa robotic merupakan salah satu ekstrakurikuler baru yang ada di MAN 1 Gresik. Walaupun merupakan ekstrakurikuler baru, ekstrakurikuler ini merupakan ekstrakurikuler unggulan yang berada di MAN 1 Gresik. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme yang ditunjukkan oleh Tim Robotic MAN 1 Gresik dan jumlah peserta yang mengikuti ekstra tersebut. Selain itu meskipun baru pertama kali berpartisipasi di ajang MRC, Tim Robotic MAN 1 Gresik pun langsung membuktikan diri lolos ke babak  grand final.

Mulanya MAN 1 Gresik mengirimkan 4 tim untuk mengiktui babak penyisihan kompetesi MRC, dan satu tim berhasil lolos ke babak final. Harapannya, keberhasilan Tim Robotic ini dapat menjadi pioneer bagi ekstrakurikuler lain untuk semakin berprestasi dan menjadi titik awal pengembangan robotic di MAN 1 Gresik. Selain itu, keberhasilan robotic MAN 1 Gresik berkiprah di level nasional menunjukkan bahwa teknologi yang dikembangkan di MAN 1 Gresik telah mumpuni dan representative.

Leave a Comment