PASKIBRA MAN 1 GRESIK SUKSES ANTARKAN EMPAT KADERNYA LOLOS SELEKSI PASKAB 2024

Paskibra MAN 1 Gresik merupakan salah satu ekstrakurikuler yang diminati banyak siswa. Ekstrakurikuler yang mengajarkan tentang wawasan bela negara tersebut kembali sukses menorehkan prestasi. Prestasi tersebut berhasil ditorehkan oleh 4 siswa yang tergabung dalam Paskib MAN 1 Gresik yang lolos sebagai pasukan pengibar bendera tingkat Kabupaten.

Keempat siswa yang sukses mengharumkan nama MAN 1 Gresik tersebut yaitu,

  1. Jesica Awalul Hikmah (X-2)
  2. Muhammad Agis Dwi Ramadhan (X-10)
  3. Bintang Trisna Ardiansyah (X-11)
  4. Faradita Putri Salsabil (X-11)

Dalam seleksi yang dilangsungkan di Kodim Gresik tersebut, awalnya Paskib MAN 1 Gresik mengirimkan 15 siswa. Kemudian 15 siswa menjalani seleksi administrasi. Dari seleksi administrasi tersebut, 3 siswa dari MAN 1 Gresik dinyatakan gugur. Kemudian 12 siswa dinyatakan lolos seleksi adminitrasi.

Setelah dinyatakan lolos administrasi, dua belas siswa tersebut harus menjalani serangkaian seleksi berikutnya. Mereka harus mengikuti seleksi tes wawasan kebangsaaan (TWK) dan seleksi tes intelegensi umum (TIU). Kemudian setiap peserta pun harus mengikuti tes kesehatan untuk memastikan peserta yang lolos tahap berikutnya sehat secara jasmani maupun rohani.

Tim Paskib MAN 1 Gresik juga menjalani serangkaia tes fisik. Tes fisik tersebut meliputi cek bentuk kaki (X/O), berat badan, tinggi badan, buta warna, tekanan darah, flat foot. Dari rangkaian tes tersebut, 1 peserta dinyatakan gugur dan menyisakan 11 siswa. Kemudian 11 anggota Paskib yang dinyatakan lolos diwajibkan mengikuti seleksi PBB dan seleksi kesamaptaan.

Seleksi kesamaptaan merupakan rangkaian seleksi yang meliputi seleksi running selama 12 menit tanpa henti. Seleksi ketahanan fisik push up, back up, shuttle run, sit up selama 1 menit. di seleksi terakhir yaitu tes wawancara yang di lakukan oleh penyeleksi dari kodim.

Keberhasilan keempat siswa MAN 1 Gresik merupakan kebanggan tersendiri. Pasalnya delegasi Paskib MAN 1 Gresik harus menyisihkan ratusan peserta untuk menjadi pasukan pengibar bendera Kabupaten Gresik tahun 2024. Di tahap awal seleksi administrasi diikuti oleh ratusan peserta. Setelah seleksi administrasi terpilih 330 peserta yang berhak mengikuti seleksi di tahap berikutnya.

Ditahap berikutnya, dari 330 peserta, dipilih lagi menjadi 268 yang berhak mngeikuti tes TIU dan TWK. Kemudian dari tes TIU dan TWK menyisakan 160 peserta yang berhak mengikuti tes kesamaptaan dan PBB. Dari 160 peserta, terpilihlah 77 peserta. Kemudian 6 peserta dari 77 peserta tersebut dikirim untuk mengikuti seleksi di tingkat provinsi.

Keberhasilan Tim Paskib menembus seleksi Paskab merupakan kebanggan tersendiri. Keberhasilan ini pun menjadi catatan bahwa Paskib MAN 1 Gresik selalu sukses meloloskan kadernya menjadi pasukan pengibar bendera merah putih di tingkat kabupaten. Tercatat telah empat kali berturut-turut kader Paskib MAN 1 Gresik, mampu mengantarkan kader terbaiknya.

Ucapan selamat pun mengalir dari seluruh sivitas akademika MAN 1 Gresik terutama kepala madrasah. Drs. H. Muhari, M.Pd.I menyampaikan puji syukur dan selamat kepada tim Paskib. Tim Paskib kembali sukses lolos dalam seleksi Paskab. Tentu konsitensi ini perlu dicontoh oleh ekstrakurikuler lain. Beliau juga berharap prestasi seperti demikian terus ditingkatkan bahkan pada level yang lebih tinggi lagi.

Leave a Comment