PERINGATI HARI KARTINI DAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL, MAN 1 GRESIK SELENGGARAKAN KIRAB BUDAYA NUSANTARA

MAN 1 Gresik, dalam rangka memeriahkan peringatan hari Kartini dan dibarengkan dengan peringatan hari pendidikan nasional, madrasah aliyah yang beralamat di Jalan Raya Bungah 46 Bungah, Gresik tersebut selenggarakan kirab budaya. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 8 Mei 2024.

Seluruh guru dan pegawai mengenakan baju adat daerah. Sedangkan untuk siswa diberikan dua pilihan yakni memilih antara mengenakan pakaian adat atau pakaian profesi. Tampak beberapa guru mengenakan pakaian adat Jawa lengkap dengan blangkon. Kemudian ada pula yang mengenakan baju adat Bali dan beberapa adat nusantara yang lainnya.

Sedangkan busana yang dikenakan siswa lebih variatif. Beberapa kelas mengusung tema budaya nusantara seperti Batak, Jawa, adat pengantin, bahkan busana adat Bali disuguhkan lengkap dengan hanoman berbusana putih. Beberap kelas juga menyajikan busana profesi seperti petani, dokter, guru, dan beberapa busana profesi lainnya.

Sebelum kirab budaya diberangkatkan, seluruh guru, pegawai dan siswa mengikuti apel pembukaan. Apel pembukaan kirab budaya dibuka langsung oleh Kepala MAN 1 Gresik, Drs. H. Muhari, M.Pd.I. dalam sambutan pembukaanya kegiatan hari ini merupakan kegiatan yang berbeda dari hari-hari biasanya. Hari ini seluruh guru dan pegawai mengenakan baju adat daerah nusantara sebagai bentuk apresiasi terhadap keragaman budaya yang ada di Indonesia. Keragaman budaya di Indonesia merupakan anugerah yang tidak diberikan kepada bangsa-bangsa lain. Hal ini diakui oleh negara-negara barat yang meneliti tentang kekhasan budaya yang ada di Indonesia.

Beliau pun melanjutkan sambutannya. Meskipun perayaan hari Kartini terlambat. Harusnya dilaksanakan pada tanggal 21 April bertetapatan dengan hari lahir Radeng Ajeng (RA) Kartini, hal itu tidak menyurutkan semangat dalam peringatan hari ini. selain itu kegiatan juga dikemas dalam rangka peringatan hari Pendidikan Nasional.

Setelah sambutan pembukaan kirab budaya. Seluruh peserta baris berbanjar sesuai dengan kelasnya masing-masing. Pelepasan peserta kirab budaya ditandai dengan pemotongan pita oleh kepala madrasah dan didampingi oleh wakil kelapa madrasah. Kemudian Marching Band MAN 1 Gresik berada di urutan terdapan kirab budaya disusul dengan peserta dari masing-masing kelas beserta bapak dan ibu guru MAN 1 Gresik.

Peserta yang berjumlah hampir seribu menempuh jalan sekitar 3 KM. peserta kirab budaya mengelilingi Desa Bungah. Rute yang dilalui meliputi gang samping KUA Bungah, kemudian berjalan terus ke arah selatan hingan Pesantren Al Munawaroh dan belok kanan ke arah timur hingga depan gerbang Pondok Pesantren Qomaruddin. Setelah itu peserta kirab budaya belok ke arah kiri menuju jalamn raya dan selanjutnya menuju MAN 1 Gresik.

Setalah kegiatan kirab budaya. Acara dilanjutkan dengan berbagai kegiatan perlombaan. Perlombaan yang diselenggarakan oleh OSIS MAN 1 Gresik meliputi lomba esai, short movie, voli antarangkatan, dan beberapa lomba lainnya. Seluruh rangkaian kegiatan pun berakhir pada pukul 15.00 WIB.

Leave a Comment