MAN 1 GRESIK SELENGGARAKAN PONDOK RAMADAN DAN NUZULUL QUR’AN DI AKHIR HARI EFEKTIF BULAN RAMADAN

Pekan terakhir efektif siswa MAN 1 Gresik diisi dengan dengan berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan yang diikuti oleh siswa dan guru yaitu kegiatan pondok ramadan 1445 H. Kegiatan dipusatkan dibeberapa tempat yaitu di Musala, Aula, dan kelas.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala MAN 1 Gresik, Drs. H. Muhari, M.Pd.I. dalam sambutannya beliau menyampaikan tentang pentingnya meningkatkan ibadah di bulan Ramadan. Apabila dihari biasa melakukan ibadah diganjar dengan satu pahala, maka di bulan Ramadan ini akan diganjar sepuluh kali lipat dibandingkan hari biasanya. Selain itu dalam kegiatan Ramadan yang diikuti oleh seluruh siswa selama 5 hari mulai tanggal 1—5 April 2024, siswa MAN 1 Gresik akan belajar mendalami kajian tetang ilmu fiqih dan ilmu Islam lainnya.

Setelah kegiatan pembukaan yang dilaksanakan di Aula Ulul Albab, seluruh siswa langsung mendapatkan materi. Di hari pertama materi yang didapatkan peserta Pondok Ramadan yaitu bersuci dari hadas dan najis. Materi ini disampaikan oleh Ustaz Musiful Ibad, S.S., M.H.I. Tidak hanya materi secara klasikal. Peserta juga diberikan kesempatan untuk praktik lansung untuk bersuci.

Dihari kedua sebagaimana hari pertama kegiatan diawali dengan salat dluha dan istighoutsah. Kemudian dilajutkan dengan kultum oleh siswa MAN 1 Gresik. Materi hari kedua diisi dengan salat dan praktik salat yang disampaikan oleh K.H. Nuril Huda, M.Si. Kemudian untuk siswa perempuan diberikan tanya jawab dan meresume Risalatul Mahidh yang dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Siti Mutmainah, M.Pd.

Materi hari ketiga panitia Pondok Ramadan MAN 1 Gresik diisi dengan menghadirkan nara sumber dari luar madrasah. Dalam kesempatan tersebut panitia Pondok Ramadan menghadrikan Mudin Desa Bungah. Mudin menyampaikan materi tentang perawatan janazah. Di hadapan seluruh peserta Pondok Ramadan Mudin Desa Bungah menyampaikan materi dengan detail tahapan demi tahapan yang harus dilalui dalam perawatan jenazah. Peserta tidak hanya mendapatkan materi, namun juga praktik langsung perawatan jenazah dengan alat peraga. Kegiatan pun ditutup dengan tadarus Al Qur’an di kelas masing-masing dan salat dluhur berjamaah.

Kegiatan Pondok Ramadan ditutup di hari kelima atau bertepatan pada tanggal 5 April 2024. Kegiatan ini juga dilaksanakan peringatan Nuzulul Qur’an yang diikuti oleh seluruh guru dan siswa MAN 1 Gresik. meski pada hari tersebut diiringi dengan rintik hujan di pagi hari, namun tidak mengurangi semangat guru dan siswa mengikuti kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an. Kegiatan pada pagi hari tersebut diawali dengan khotmil Qur’an yang dipimpin oleh Ustaz Muzayyin, S.Pd.I. Kemudian pembacaan doa khotmil Qur’an oleh Waka Humas Bapak As’ad, M.Pd. Setelah kegiatan khotmil Qur’an dilanjutkan dengan mauidhotul hasanah yang disampaikan oleh ustaz Solih, M.Ag. Beliau mengupas tentang hikmah ramadan dan amalan-amalan baik di bulan Ramadan.

Leave a Comment