37 SISWA MAN 1 GRESIK DITERIMA DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI JALUR SELEKSI PRESTASI AKADEMIK NASIONAL

Sepekan pasca pengumuman kelolosan siswa masuk perguruan tinggi negeri jalur SNBP, MAN 1 Gresik kembali meloloskan siswa-siswi terbaiknya masuk PTN melalui jalur SPAN PTKIN. Berdasarkan data yang dihimpun tim BK, terdapat 37 siswa yang dinyatakan lolos dan berhak menempuh pendidikan tinggi di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri.

Adapun rincian siswa yang diterima di PTN lewat jalur SPAN PTKIN yaitu 5 siswa diterima di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. 12 siswa diterima di UIN Sunan Ampel Surabaya. 6 siswa diterima di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. 6 siswa diterima di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggagung. 3 siswa diterima di IAIN Kediri. 2 siswa diterima di IAIN Madura, dan masing-masing satu siswa yang diterima di UIN Sunan Kalijaga, UIN Sumatera Utara Medan, dan UIN Gunung Djati Bandung.

Berdasarkan data siswa yang diterima SPAN PTKIN tersebut, jika dipersentasekan yakni 74 % siswa masuk jurusan Soshum, dan 26 % diterima pada jurusan Saintek. Tentunya keberhasilan MAN 1 Gresik menempatkan siswanya lolos PTN tersebut merupakan prestasi yang patut dibanggakan. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa MAN 1 Gresik menjadi madrasah yang selalu konsisten mengantarkan siswanya menembus PTN yang diimpikan.

Menurut Kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I bahwa pihak madrasah selalu berupaya sekuat tenaga agar peserta didiknya mampu menembus PTN yang diimpikan. Keberhasilan 37 siswa tersebut pun patut disyukuri dan ke depan diharapkan jumlah siswa yang diterima di PTN terus meningkat. Kepala madrasah yang merupakan putra asli daerah Gresik tersebut juga menambahkan bahwa pintu masuk PTN masih terbuka lebar, masih terdapat jalur UTBK, UMPTKIN, dan jalur Mandiri. Melalui jalur yang masih terbuka ini pihak madrasah melalui Waka Kurikulum dan BK akan terus mengawal dan mendampingi siswa MAN 1 Gresik yang masih ingin berjuang menembus PTN yang diimpikannya.

Leave a Comment