IMPLEMENTASIKAN NILAI KEPEDULIAN PADA MASYARAKAT, KKR MAN 1 GRESIK BERPARTISIPASI DALAM KEGIATAN POSYANDU DESA BUNGAH

Madrasah tidak hanya sebagai tempat untuk menimba ilmu pengetahuan. Madrasah juga sebagai sarana aktulisasi diri yang diwujudkan dengan pengabdian kepada masyarakat. MAN 1 Gresik sebagai madrasah plat merah yang berada di Desa Bungah turut beperan serta dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Tim KKR UKS MAN 1 Gresik.

KKR MAN 1 Gresik sebagai wadah pengkaderan peserta didik dalam rangka meningkatkan kesadaran kesehatan di kalangan warga madrasah memiliki program kerja yang tersusun dalam proker periode 2023/2024. Program tersebut yaitu ikut berpartisipasi dalam kegiatan Posyandu dengan radius 500 meter dari madrasah. Kegiatan tersebut dilangsungkan pada hari Kamis, 18 Januari 2024.

Menurut Drs. Khusnan selaku Kepala Litbang MAN 1 Gresik menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membekali kader kesehatan remaja agar bisa menerapkan ilmu yang diperoleh dari kegiatan KKR yang ada di MAN 1 Gresik Gresik. Adapun kegiatan tersebut di antaranya yaitu membantu mengukur tinggi badan, berat badan, ukur lingkar kepala dan pemberian imunisasi atau vaksin. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Puskesmas Bungah

Kegiatan ukur tinggi dan berat badan serta imunisasi tersebut dilangsungkan mulai pukul 08.00 hingga Pukul 10.00 WIB. KKR MAN 1 Gresik mendelegasikan 7 siswa yang tergabung dalam Kader Kesehatan Remaja UKS dengan didampingi oleh tiga guru pendamping. Tiga guru pendamping tersebut yaitu Bapak Drs. Khusnan, Ibu Mastufah, S.Pd, dan Ibu Leni Lisnawati, S.Pd.

Dihubungi secara terpisah, kepala MAN 1 Gresik, Drs. H. Muhari, M.Pd.I menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh MAN 1 Gresik. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen MAN 1 Gresik dalam memberikan layanan dan pengabdian kepada maysarakat. Sehingga lembaga pendidikan tidak hanya sekadar tempat untuk menempa peserta didik dalam pengembangan kompetensi akademik, namun juga melatih peserta didik untuk memiliki jiwa loyal dan peduli pada masyarakat sekitar. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan implementasi atas kerja sama antara MAN 1 Gresik dengan Puskesmas Bungah.

Leave a Comment