MAN 1 GRESIK PERINGATI HARI GURU DENGAN UPACARA BENDERA, PENGANUGERAHAN GURU DAN PEGAWAI TERINSPIRATIF SERTA LAUNCHING ANGKATAN 44

Gresik, 24 November 2023 MAN 1 Gresik menyelenggarakan kegiatan yang berbeda dari biasanya. Kalau lazimnya upacara rutin dilaksanakan pada hari Senin, pada hari tersebut atau tepatnya hari Jumat dilangsungkan upacara bendera dengan petugas upacara dari Bapak/Ibu guru. Hal tersebut bukan tanpa alasan, namun disebabkan pada hari tersebut MAN 1 Gresik menyelenggarakan perayaan hari guru nasional.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala MAN 1 Gresik Bapak Drs. H. Muhari, M.Pd.I menjadi pembina upacara. Dengan mengenakan pakaian adat serba hitam, kepala madrasah yang dulunya mengajar mata pelajaran Matematika tersebut menyapa seluruh peserta upacara dan menyampaikan bahwa hari ini merupakan hari yang spesial bagi dunia pendidikan. karena hari ini diperingati hari guru nasional tahun 2023. Memang harusnya peringatan hari guru dilaksanakan pada 25 November, karena MAN 1 Gresik menerapkan lima hari kerja, maka peringatan hari guru nasional di MAN 1 Gresik dimajukan satu hari atau tepatnya pada tanggal 24 November. Dalam kesempatan tersebut beliau membacakan sambutan Menteri Pendidikan RI.

Dalam sambutan tersebut ada beberapa poin penting tentang terobosan menteri pendidikan selama menjabat. Terobosan besar yang telah dilakukan salah satunya terkait merdeka belajar. Merdeka belajar memberikan kebebasan bagi guru untuk menyampaikan materi, memberikan kebebasan dalam penilaian terhadap peserta didik. Ujian nasional pun sudah dihapus dan diganti dengan Asesmen Nasional. Lingkungan belajar pun diciptakan untuk memerkuat kemampuan literasi numerasi serta pengembangan karakter peserta didik. Jika asesmen nasional mengukur tujuan perubahan, Kurikulum Merdeka memberikan petunjuk jalan agar sampai pada tujuan itu. kurikulum merdeka adalah kurkulum yang ditunggu-tunggu para guru, karena tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi dan penekanan pada pemahaman yang mendalam, tetapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid.

Sebelum kegiatan upacara selesai. Tim Paduan suara berkesempatan untuk menyanyikan lagu Pagiku Cerahku kepada para guru. Guru dan karyawan berbaris rapi bersaf. Siswa MAN 1 Gresik menyalami guru dan pegawai satu persatu. Setiap siswa memberikan kado spesial kepada guru dan pegawai MAN 1 Gresik. dalam kesempatan tersebut juga disii dengan penganugerahan guru terinspiratif dan terfavorit serta pegawai terfavorit.

Untuk guru terinspiratif diberikan kepada guru mata pelajaran Sejarah Bapak Arfandianto, S.Pd. sedangkan guru terfavorit dianugerahkan kepada guru mata pelajaran Ekonomi Ibu Lilik Ismawati, M.Pd. kemudian untuk pegawai terfavorit dianugerahkan kepada Satpam MAN 1 Gresik Bapak Imam Maulidin.

Dalam kesempatan tersebut, tidak hanya diisi dengan kegiatan peringatan hari guru, namun momen spesial tersebut diisi pula dengan kegiatan launching nama angkatan 44 MAN 1 Gresik. Angkatan 44 mengusung tema budaya Jawa dalam launching nama angkatan yang diberi nama Antasena.

Leave a Comment