MAN 1 GRESIK GANDENG INDUSTRI CARTA BERIKAN PELATIHAN KEPADA SISWA PROGRAM KETERAMPILAN

Sebagai bentuk singkronisasi pembelajaran program keterampilan dengan dunia industri dan dunia usaha, MAN 1 Gresik selenggarakan program pelatihan dengan Industri Carta. Kegiatan kerja sama ini mengangkat tema “Education And Training With Carta Laminates In Furniture Class”. Kegiatan dilaksanakan di bengkel Furniture MAN 1 Gresik.

Total terdapat 33 siswa yang tergabung dalam program keterampilan furniture MAN 1 Gresik. Dari pihak CARTA diwakili oleh Muhammad Afandi selaku sales area Surabaya 2. Carta sendiri merupakan produsen kertas HPL (High Pressure Laminated) yang merupakan bahan pelapis untuk finishing furnitur interior.

Kegiatan dibuka di Aula Mahariyah. Hadir dalam kegiatan pembukaan pelatihan tersebut Tim Carta yang terdiri atas 10 orang, guru pendamping 2, siswa program keterampilan 33 siswa dan Wakil Kepala Bidang Kurikulum Ibu Siti Amriyah, S.Pd mewakili Kepala MAN 1 Gresik. dalam sambutanyaan beliau menyampaikan terima kasih kepada tim Carta yang telah memberi kesempatan kepada siswa keterampilan DITF XII IPA 5 untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dalam bidang interior. Pelatihan ini merupakan kegiatan yang penting, karena selain bermodal kemampuan akademik, siswa juga harus memiliki softskill. Hal ini sangat dibutuhkan ketika siswa MAN 1 Gresik nanti lulus.

Setelah kegiatan pembukaan selanjutnya dilanjutkan dengan presentasi produk Carta dan lem Eha-Bond sebagai bahan perekat sistem HPL oleh tim Carta. Kegiatan tersebut juga diisi dengan sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab, siswa tampak bersemangat menjawab pertanyaan. Bagi yang bisa menjawab pertanyaan dapat hadiah hiburan. Acara pembukaan pelatihan diakhiri dengan pemberian sertifikat dari Carta yang diwakili oleh Bpk Hendra Prayoga selaku Supervisor Area Jatim yang diberikan Kepada MAN 1 Gresik yang diwakili Ibu Rindang Wahju Ristiani, S.Pd selaku Kepala Bengkel Desain Interior & Teknik Furnitur.

Setelah sesi presentasi dari pihak Carta, kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan nakas di bengkel Furnitur. Pembuatan nakas ini dipandu oleh Benrizki Gresik selaku rekanan Carta yang bergerak dibidang interior furniture. Siswa yang mengikuti pelatihan dibagi ke dalam 3 kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas 11 siswa dan 1 pendamping. Nakas yang terpilih sebagai juara 1 yakni kelompok yang diketuai oleh Rifki Putra Nurdiansyah, juara 2 diraih kelompok yang diketuai Muhammad Arman Maulana dan juara 3 diraih kelompok yang diketuai Rinda Aulia Febrianti. sebanyak 33 siswa program Keterampilan Desain Interior & Teknik Furnitur MAN 1 Gresik mendapatkan sertifikat dari Carta.

Leave a Comment