MAN 1 GRESIK BEKALI KADER KESEHATAN REMAJA (KKR) DENGAN PENGUATAN KARAKTER SERTA PENGETAHUAN TENTANG ILMU KESEHATAN DI WISATA EDUKASI GOSARI

Dalam rangka pembekalan dan kaderisasi Program Kader Kesehatan Remaja, MAN 1 Gresik selenggarakan Pelatihan dan Pelantikan Kader Kesehatan Remaja periode 2023—2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Wisata Edukasi Gosari (Wagos) pada Kamis, 2 November 2023. Kegiatan tersebut diikuti oleh 116 siswa kelas X dan XI yang tergabung dalam KKR.

Para peserta pelatihan mulai berangkat menuju Wagos pada pukul 07.30 WIB. Keberangkatan mereka didampingi langsung oleh Pimpinan madrasah dan tim pembina UKS. Sesampainya di Wagos, peserta pelatihan langsung diarahkan ke Aula Wagos. Mereka pun langsung mengikuti pembukaan Pelatihan Kader Kesehatan Remaja yang dibuka langsung oleh Kepala MAN 1 Gresik.

Dalam sambutan pembukaan, Kepala MAN 1 Gresik, Drs. H. Muhari, M.Pd.I menyampaikan bahwa kader kesehatan remaja merupakan pioner madrasah. Maksud dari pioner madrasah yaitu bahwa KKR merupakan siswa yang menjadi pelopor dalam menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat. Karena menjadi pelopor, maka kader kesehatan remaja memiliki tugas penting dalam mengedukasi dan mengajak seluruh warga madrasah menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Maka dari kader kesehatan remaja harus mendapatkan pembekalan yang komperhensif sebelum berkiprah di madrasah dan masyarakat.

Setelah sambutan pembukaan dari kepala MAN 1 Gresik, kegiatan dilanjutkan dengan materi tentang KKR dan P3K. Materi pertama tersebut disampaikan oleh Tim Pembina UKS dari Puskesmas Bungah yaitu Ibu Nur Saadah. Materi P3K yang disampaikan seputar kecepatan dan ketepatan ketika menagani kasus gawat darurat yang disebabkan oleh ruda paksa.

Selesai penyampaian materi P3K, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua. materi kedua tentang salah satu program unggulan madrasah yaitu tentang Adiwiyata. Materi Adiwiyata disampaikan langsung oleh ketua Adiwiyata MAN 1 Gresik yakni Bapak Drs. Khusnan. Beliau memberikan edukasi terkait poin penting peranan program adiwiyata bagi keberlangsungan kehidupan. Menurut beliau, Adiwiyata dan program KKR merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, karena sejatinya program adiwiyata diterapkan untuk menjaga lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Tidak hanya berisi tentang materi, kegiatan yang rutin diselenggarakan tiap tahun ini juga diisi dengan fun games. Kegiatan fun games dikemas dalam bentuk perlombaan. Kegiatan tersebut meliputi lomba cerdas cermat, lomba puzzle dan lomba yel2, masing2 kelompok yang dilabeli nama obat-obatan tampak antusias mengikuti fun games tersebut.
Adapun pemenang fun games tersebut yaitu,

LOMBA CERDAS CERMAT

  1. Kelompok Revalgin
  2. Kelompok Mefenamic Acid
  3. Kelompok Fresh care

LOMBA PUZZLE

  1. Kelompok Demacolin
  2. Kelompok Mefenamix acid
  3. Kelompok Promag

LOMBA YEL-YEL

  1. Kelompok Betadin
  2. Kelompok Revanol
  3. Kelompok Mitela

Setelah kegiatan fun games, yaitu pembacaan SK dan pelantikan pengurus KKR tahun 2023—2024 oleh guru UKS MAN 1 Gresik, Ibu Mastufah, S.Pd. Pelantikan Kader Kesehatan Remaja dipimpin oleh Waka Kesiswaan, Bapak Abdul Khozim, M.Pd.I. Kegiatan pun ditutup degan doa yang dipimpin oleh Bapak Drs. Khusnan.

Leave a Comment