MAN 1 GRESIK AJAK SANTRI BERJUANG DENGAN INTELEKTUAL PADA PERINGATAN HARI SANTRI 2023

Sehari setelah mengikuti kegiatan peringatan hari santri di Tugu Pahlawan, besoknya MAN 1 Gresik langsung menyelenggarakan upacara bendera. Upacara bendera yang diikuti oleh seluruh guru, pegawai, dan siswa MAN 1 Gresik tersebut juga mengangkat tema tentang peringatan hari santri nasional. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman MAN 1 Gresik.

Peserta upacara mulai berkumpul di halaman pukul 07.00. Seluruh peserta upacara mengenakan seragam putih. Petugas upacara merupakan siswa dari pengurus OSIS dan anggota Paskib sebagai pengibar bendera merah putih.

Hal yang berbeda tampak dalam upacara tersebut. Kalau pada umumnya upacara bendera diiringi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, namun pada upacara ini iringan lagu ditambah dengan lagu Syubbanul Waton dan mars Hari Santri. Menyanyikan lagu Syubbanul Waton dan hari santri dinyanyikan setelah pengibaran bendera merah putih.

Bertindak sebagai pembina upacara yakni Ustaz Solih, M.Ag. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa hari santri merupakan di mana K.H. Hasyim Asyari mengeluarkan maklumat resolusi jihad, yaitu pada tanggal 21 Oktober 1945. Pada saat itu para ulama mendesak pemerintahan yang baru terbentuk untuk menjaga kemerdekaan RI. Karena pada saat itu Sekutu terus menggempur NKRI dan tidak mengakui kemerdekaan Republik Indonesia.

Maka dari itu peringatan hari santri yang pada tahun ini mengangkat tema “Jihad Santri, Jayakan Negeri” harus menjadi inspirasi dan meletupkan semangat santri. Santri harus terus berjuang. Berjuang hari ini berbeda dengan perjuangan di era awal kemerdekaan. Hari ini santri ahrus berjuang dengan intelektual di era revolusi digital.

Selain terus berjuang, santri harus meneladani sikap Rasulullah SAW. Karena Nabi Muhammad SAW diutus untuk menyempurnakan akhlak. Maka kita sebagai santri harus meneladani perilaku beliau sehari-hari. Santri juga harus terus meningkatkan ibadah sebagai bekal kelak ketika sudah meninggalkan alam dunia.

Kegiatan upacara berakhir pada pukul 08.00 WIB. Setelah kegiatan upacara hari santri, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan trofi atas prestasi yang telah ditorehkan oleh siswa MAN 1 Gresik. pada hari tersebut apresiasi dan penyerahan trofi diberikan kepada Pramuka MAN 1 Gresik yang berhasil menjadi juara dalam ajang Madrasah Creative Camp (MCC) 2023.

Leave a Comment