MAN 1 GRESIK DISTRIBUSIKAN 366 DAGING QURBAN PADA IDUL ADHA 1444 H

Meskipun telah memasuki pekan libur semester, hal itu tidak menghalangi pelaksaan penyembelihan hewan qurban yang dilakukan oleh MAN 1 Gresik. Kegiatan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di halaman MAN 1 Gresik pada Jumat, 30 Juni 2023. Kegiatan tersebut melibatkan pengurus OSIS dan seluruh guru MAN 1 Gresik.

Pada idul Adha 1444 H ini, MAN 1 Gresik menyembelih 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing Penyembelihan dilaksanakan mulai pukul 07.00—10.00 dan disaksikan langsung oleh seluruh guru dan panitia dari OSIS MAN 1 Gresik. karena bertepatan dengan hari Jumat, dan agar memercepat proses pendistribusian, penyembelihan pun juga melibatkan Rumah Potoh Hewan. Sehingga dari panitia internal tinggal menimbang, memotong daging, dan pengemasan.

Tepat pukul 10.30 seluruh daging qurban telah dikemasi. Berdasarkan data yang dihimpun dari panitia qurban di MAN 1 Gresik terdapat totol 366 kantong daging qurban yang didistribusikan kepada warga sekitar MAN 1 Gresik. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 10%.

Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban pada tahun ini terasa istimewa. Karena pada saat setelah prosesi penyembelihan qurban dialaksanakan, MAN 1 Gresik juga menyelenggarakan Talkshow bertema Esensi Idul Qurbana dalam Ukhuwah Basyariyah Pada Kehidupan Di Era Society 5.0. Sebagai nara sumber dalam kegiatant erebut yakni K.H. Khusnan Ali. dalam talkshow tersebut beliau banyak mengulas tentang sejarah dan hikmah qurban di era Society 5.0. Tidak hanya menyampaikan materi kegiatan tersebut juga diselingi sesi tanya jawab seputar qurban.

Menurut Plh Kepala MAN 1 Gresik, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Dalam Idul Adha ada tiga nilai dakwah yakni Dakwah bil lisan, dakwah bil hal, dan dakwah bil qolam. Dengan tema yang diangkat pada kegiatan hari ini yaitu Esensi Idul Qurban dalam Ukhuwah Basariyah dalam kehidupan Society 5.0, diharapkan dapat meningkatkan persaudaraan sesama umat Islam. Beliau juga mengimbau kepada para alumni maupun stakeholder untuk mengikuti acara live streaming di M1G TV.

Leave a Comment