MAN 1 GRESIK BERHASIL LOLOSKAN 210 SISWA MASUK PEGURUAN TINGGI NEGERI

Kabar membanggakan kembali datang dari MAN 1 Gresik. Madrasah Aliyah Negeri yang berada di Desa Bungah, Kabupaten Gresik tersebut berhasil meloloskan 210 siswanya ke perguruan tinggi negeri PTN). Berdasarkan data jumlah siswa yang diterima di PTN tahun ini, terdapat kenaikan jumlah siswa dibandingkan tahun sebelumnya. Jika dipersentasekan terdapat kenaikan 25 persen dibandingkan jumlah siswa yang masuk ke dalam peguruan tinggi negeri tahun lalu.

210 siswa MAN 1 Gresik yang berhasil lolos ke peguruan tinggi negeri tahun ini melalui beberapa jalur seleksi. Jika dirinci terdapat 46 masuk peguruan tinggi melalui jalur SNBP. 38 siswa lolos PTN melalui jalur SPAN PTKIN. 81 siswa lolos PTN melalui jalur UTBK SNBT. 8 siswa lolos PTN melalui jalur PTK PMDP. 34 siswa lolos PTN melalui jalur UMPTKIN, dan 3 siswa dinyatakan lolos PTN melalui jalur seleksi mandiri.

Apabila dirinci mengenai sebaran siswa MAN 1 Gresik yang lolos PTN meliputi, 59 siswa diterima di Unesa, 4 siswa diterima di Universitas Airlangga, 3 siswa diterima di Universitas Brawijaya (UB), 1 siswa diterima di ITS, 7 siswa diterima di Universitas Negeri Jember, 23 siswa diterima di Universitas Trunojoyo, 12 diterima di UPN Veteran Jawa Timur, 27 siswa diterima di UINSA, 21 diterima di UIN KHAS Jember, 18 diterima di UIN Tulungagung, 4 siswa diterima di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 7 IAIN Kediri, 1 IAIN Madura, 1 UIN Sultan Hasanudin Banten, 1 UIN Walisongo Semarang, 3 siswa diterima di PPNS, 7 siswa diterima di Poltekes Kemenkes Surabaya 1 siswa diterima di Politeknik Negeri Malang, 5 siswa diterima di PENS, 1 diterima di Politeknik Negeri Bali, 1 siswa diterima di Politeknik Negeri Madura, dan 2 siswa diterima di Poltekes Kemenkes Malang,.

Keberhasilan MAN 1 Gresik mengantarkan 210 siswanya menembus PTN merupakan wujud nyata pihak madrasah yang terus mengawal kesuksesan siswanya. Beberapa program pun terus digelar guna semakin meningkatkan jumlah siswa yang akan masuk PTN pada tahun depan. Tidak hanya siap mengantarkan siswanya menembus PTN, MAN 1 Gresik juga menyiapkan siswanya untuk bersaing dalam dunia kerja. Hal itu diwujudkan dengan program keterampilan yang diperuntukkan untuk siswa MAN 1 Gresik. Program keterampilan yang dapat diikuti oleh siswa MAN 1 Gresik meliputi Keterampilan Furniture, Keterampilan Teknik Kompter Jaringan, dan Keterampilan Tata Busana.

Leave a Comment