BEKALI SISWA TERAMPIL DALAM BIDANG SINEMATOGRAFI, MOVIE MAN 1 GRESIK SELENGGARAKAN WORKSHOP DAN BEDAH FILM

Dalam rangka menyiapkan kader yang memiliki skill mumpuni dalam bidang Sinematografi, Exrakurikuler Movie MAN 1 Gresik selenggarakan Workshop dan Bedah Film. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 21 Juni 2023 dan dilaksanakan di Auditorium Al Mahariyah Ma’had AL Hikmah MAN 1 Gresik. Kegiatan Workshop dan bedah film yang mengangkat tema “Pentingnya Industri Film Pada Perkembangan ekonomi 5.0” tersebut dimulai pukul 09.00 WIB.

Kegiatan dibuka langsung oleh Plh Kepala MAN 1 Gresik Bapak H. Tamani, M.Ag., M.Pd.I, MA. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kiprah Movie MAN 1 Gresik yang terus melahirkan karya-karya yang dapat mengedukasi pelajar dan masyarakat. Beliau berpesan agar Movie MAN 1 Gresik terus mengepakkan sayapnya agar semakin banyak melahirkan karya-karya terbaik guna memajukan dunia pendidikan. Menurutnya Movie MAN 1 Gresik harus terus berkarya denga tema yang fenomenal, agar dapat menarik perhatian dari berbagai pihak seperti kementerian, pemerintah daerah maupun instansi pemerintah lainnya. Tentunya pihak madrasah terus mendukung program-program dari extrakurikuler Movie MAN 1 Gresik.

Setelah sambutan PLH Kepala Madrasah, kegiatan pembukaan Workshop dan bedah film ditutup dengan doa yang dipimpim oleh Ustaz Hamdi Ahmadi Muszahbi, M.Pd.I. Setelah pembacaan doa kegiatan langsung dilanjutkan dengan penyampaian materi.

Dalam kegiatan Workshop yang juga diikuti oleh siswa MAN 1 Gresik dan beberapa siswa luar madrasah seperti SMAN 1 Gresik, SMAN 1 Sidayu, SMK Muhammadiyah 1 Gresik, dan MA Manbaul Ulum tersebut menghadirkan dua pemateri sekaligus. Pemateri pertama Nazarudin Ahmad selaku Pembina Movie dan Irfan Akbar Prawiro selaku Ketua Dewan Kebudayaan Gresik periode 2022—2025.

Dua pemateri tersebut menyampaikan materi seputar sinematografi. Peserta Workshop diajari langsung bagaimana mengemas film agar baik dari segi sooting maupun editing. Tidak ketinggalan pula peserta diberikan cara untuk menyajikan penyampaian pesan dalam film agar dapat berkesan di hati penonton.

Pada kegiatan tersebut peserta juga diajak untuk membedah film berjudul Salah Siapa?. Dalam film yang telah meraih juara 2 ajang Kidtion tahun 2023 tersebut, peserta diajak diskusi secara langsung mengenai karya anak Movie MAN 1 Gresik. Film Salah Siapa? dianalisis dari segi kelemahan dan keunggulan baik pesan yang disampaikan, akting tokoh yang beperan dan sisi senmatografi.

Leave a Comment