MAN 1 GRESIK SELENGGARAKAN APEL PAGI DI PEKAN TERAKHIR BULAN RAMADAN

Memasuki pekan terkahir bulan Ramadan atau dua hari menjelang cuti bersama, MAN 1 Gresik selenggarakan apel pagi pada Senin, 17 April 2023. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh guru, pegawai, dan siswa MAN 1 Gresik. Kegiatan apel di bulan Ramadan tersebut dimulai pukul 07.00 WIB.

Seluruh guru dan pegawai mengenakan seragam Korpri lengkang dengan pin yang tersemat di atas saku. Sedangkan siswa MAN 1 Gresik mengenakan seragam putih abu-abu lengkap dengan atribut dasi dan topi abu-abu. Seluruh guru, pegawai dan siswa MAN 1 Gresik berbaris rapi ketika apel pagi dumulai.

Bertindak sebagai pembina upacara yakni kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I. sedangkan petugas apel dari pengurus OSIS dan MPK MAN 1 Gresik. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa meskipun kita berada dalam bulan Ramadan, bulan yang diwajibkan seluruh umat muslim untuk puasa, bukan berarti kita bermalas-malasan. Walaupun ketika kita tidur di bulan Ramadan dicatat sebagai amal ibadah, namun hal itu bukanlah menjadi sebuah alasan untuk tidur-tiduran saja selama Ramadan. Masih banyak hal-hal positif yang dapat dilakukan selama bulan puasa. Banyak amaliyah-amaliyah yang tinggi nilainya selama bulan Ramadan salah satunya dengan apel pagi dan belajar seperti yang kita lakukan pada pagi hari ini.

Kepala madrasah asal Lowayau Dukun tersebut melanjutkan, meskipun seluruh siswa MAN 1 Gresik telah mengikuti Pondok Ramadan selama 1 minggu kemarin, namun dalam kalender akademik, hari Senin dan Selasa masih merupakan hari efektif. Oleh karena itu seluruh siswa wajib masuk sebagaimana biasanya. Untuk libur hari raya atau cuti bersama dimulai tanggal 19—25 April 2023. Untuk itu kesempatan dua hari untuk belajar ini tetap harus ditunaikan sebagaimana mestinya dan penuh semangat. Semoga hal-hal baik yang kita laksanakan selama Ramadan ini dicatat sebagai amal ibadah oleh Allah SWT.

Kegiatan apel pagi tersebut pun berakhir pukul 07.45 WIB. Setelah apel pagi usai, seluruh guru dan siswa masuk ke kelas masing-masing untuk melaksanakan kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Leave a Comment