SEMARAK PERINGATAN HARI BESAR ISLAM DI MAN 1 GRESIK DENGAN MENDALAMI URGENSI HIKMAH ISRA’ MIKRAJ NABI MUHAMMAD SAW

Peringatan Isra’ Mikraj Nabi Besar Muhammad SAW di MAN 1 Gresik berjalan dengan penuh hikmad dan meriah. Tampak ratusan siswa didampingi guru dan pegawai turut serta berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang diperingati setahun sekali itu. Kegiatan peringatan Isra’ Mikraj Nabi Besar Muhammad SAW di MAN 1 Gresik dilaksanakan bertepatan pada tanggal 23 Februari 2023. Sejak pagi pukul 07.00 WIB seluruh keluarga besar MAN 1 Gresik berkumpul di Aula MAN 1 Gresik.

Sebelum pelaksanaan peringatan hari besar Islam tersebut, pengurus OSIS MAN 1 Gresik menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan yang diperuntukkan untuk siswa MAN 1 Gresik. Kegiatan untuk siswa dilaksanakan dua hari sebelum puncak acara peringatan Isra’ Mikraj. Dalam pelaksanaannya seluruh kelas diwajibkan mengirimkan peserta lomba kegiatan tersebut.

Kegiatan diawali dengan penambilan grup banjari MAN 1 Gresik. Grup Banjari yang sudah berjalan bertahun-tahun tersebut menampilkan kebolehannya dengan beberapa lagu andalannya. Penampilan grup banjari ditutup dengan pembacaan Salawat Mahalul Qiyam.

Kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I menyampaikan bahwa peringatan Isra’ Mikraj ini merupakan peristiwa besar. Peristiwa yang diawali dengan kesedihan Rasulullah SAW pada saat itu ditinggal oleh pamannya yakni Abu Thalib yang selalu melindungi perjuangannya. Tidak berselang lama kemudian istri tercinta Beliau yakni Siti Khodijah, RA. Maka Allah menghibur Rasulullah dengan Isra’ Mikraj yang kemudian muncul perintah dari Allah SWT untuk menunaikan salat 5 waktu yang mulanya 50 rakaat menjadi 17 rakaat. Maka dalam hal ini kita semua harus mengambil hikmah dan pelajaran dari peristiwa Isra’ Mikraj ini.

Setelah sambutan kepala madrasah, kegiatan dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh K.H. Fathan Anwari AL Hafidz, S.Ag. Kiai Fathan panggilan kondangnya mengawali ceramah dengan mengajak seluruh siswa dan guru bersalawat dengan diiringi grup Banjari MAN 1 Gresik. Selanjutnya dai yang juga sebagai penghafal Al Qur’an tersebut mengulas tentang manfaat salawat bagi orang mukmin secara umum. Begitupula ketika orang mukmin tidak melafalkan salawat ketika nama Rasulullah disebut maka ia merupakan golongan orang paling bakhil di dunia. Kemudian beliau pun mengulas tentang hikmah dari peristiwa Isra’ Mikraj.

Kegiatan pun ditutup dengan doa bersama. Selanjutnya setelah doa bersama kegiatan disii dengan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba peringatan Isra’ Mikraj. Para pemenang lomba pun dipersilahkan untuk maju ke depan untuk mendapatkan hadiah dari pengurus OSIS MAN 1 Gresik.

Leave a Comment