TSAWABILAH IRFANAH SISWA KELAS XII AGAMAN MAN 1 GRESIK
RAIH JUARA 1 MHQ 30 JUZ PUTRI DALAM MTQ NASIONAL XXIX

Prestasi sensasional kembali berhasil ditorehkan oleh siswa MAN 1 Gresik. Prestasi tersebut dipersembahkan oleh Tsawabilah Irfanah siswa kelas XII Agama yang menjadi juara MHQ 30 juz Putri dalam MTQ Nasional XXIX 2022 di Kalimantan Selatan

Prestasi kali ini merupakan rangkaian prestasi yang berhasil ditorehkan oleh Tsawabilah Irfanah dalam ajang serupa. Sebelum meraih prestasi ini, ia berhasil memersembahkan prestasi di tingkat nasional dan internasional. Tentunya hal ini merupakan salah satu kebanggaan tersendiri bagi madrasah dan tentunya Kemenag Kabupaten Gresik, karena memiliki bibit emas dalam bidang Musabaqoh Tilawatil Qur’an.

Siswi yang berdomisili di Desa Bungah Tersebut berangkat mewakili kontingen Provinsi Jawa Timur. Tsawabilah Irfanah berhasil menyingkirkan pulahan peserta dari perwakilan provinsi lain. Kesuksesan tersebut merupakan rentetan prestasi yang berhasil diraih selama menjadi siswa MAN 1 Gresik. Tsawabilah Irfanah sendiri memang merupakan langganan juara dalam ajang MTQ tingkat Provinsi maupun nasional. Pada kurun waktu di tahun tiga tahun terakhir, ia berhasil menorehlan puluhan prestasi baik tingkat provinsi maupun nasional.

Keberhasilannya meraih juara 1 MHQ 30 Juz putri pun diganjar dengan hadiah istimewa. Tsawabilah Irfanah berhak membawa pulang hadiah Al Qur’an yang ditulis dengan tinta emas pemberian dari ATASE Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi.

Kepala MAN 1 Gresik, Drs. H. Muhari, M.Pd.I menyampaikan bahwa MAN 1 Gresik terus mendukung siswanya untuk berprestasi di luar madrasah. Apalagi Tsawabilah Irfanah ini sudah puluhan kali mengharumkan nama madrasah melalui lomba MHQ. Baik perlombaan yang diselenggarakan oleh PTN/PTS maupun lomba yang diselenggarakan langsung oleh Kemenag. Beliau berpesan siswa jangan hanya berambisi untuk meraih prestasi akademik di dalam madrasah, namun prestasi juga harus diraih di luar madrasah. Selain untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan kemampuan diri, apabila siswa tersebut dapat juara, maka sertifikat juara yang dimiliki dapat menjadi sertifikat pendukung ketika mendaftar di PTN. apalagi beberapa PTN juga membuka jalur khusus untuk para juara MTQ. tentu ini merupakan salah satu keuntungan tersendiri bagi siswa yang berprestasi dalam lomba MTQ seperti Tsawabila Irfanah.

Leave a Comment