MAN 1 GRESIK RAIH JUARA 1 & 2 MHQ TINGKAT JAWA TIMUR

Dua siswa kelas XII MAN 1 Gresik berhasil mengharumkan nama madrasah aliyah negeri yang berada di Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik itu. Keberhasilan tersebut dicatatkan oleh dua siswa yang saat ini duduk di bangku 12 Agama MAN 1 Gresik. Dua siswa tersebut yaitu Alfani Moh. Lami’ Abdun Nafí’ yang berhasil menjadi juara 1 MHQ tingkat Jawa Timur, dan Muhammad Arinal Haq yang berhasil menjadi juara 2 MHQ Tungkat Jawa Timur.

Kedua siswa tersebut berhasil mengalahkan para pesaing dari berbagai daerah di Jawa Timur dalam perlombaan yang diselenggarakan oleh Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Sebelum pelaksanaan lomba dua siswa tersebut berlatih secara intensif dengan guru pembimbing dari MAN 1 Gresik dan dari ustaz di pesantrennya masing-masing. Menurut dua siswa tersebut, keberhasilan keduanya menjuarai MHQ memang di luar ekspektasinya. Karena ketika mereka berdua berangkat menuju arena MHQ, hanya niat menampilkan yang terbaik. Namun alhamdulillah malah mendapatkan juara 1 dan 2.

Berdasarkan informasi yang diterima oleh pihak madrasah, nilai kedua siswa MAN 1 Gresik tersebut pun terbilang selisih tipis. Alfani Moh. Lami’ Abdun Nafí’ yang menjadi juara 1 mendapatkan total nilai 99. Sedangkan Muhammad Arinal Haq yang menjadi juara 2 mengumpulkan nilai 97,5.

Format indikator penilaian pun disampaikan secara terbuka kepada seluruh peserta yang mengikuti even tahunan tersebut. Sedangkan juri dalam perlombaan tersebut terbagi atas tiga kategori juri yang berbeda. Kategori Fashohah yaitu Ustaz Agus Rosyidi Shoim Al hafidz. Kategori Tahfidz yaitu Ustaz Alfani Muhammad Husnul Labib. Kategori tajwid yaitu Ustaz Abdul Kafi Kholil, S.Ag., M.H.I.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 15 Oktober 2022 tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan hari lahir Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya yang ke-9. Tidak hanya lomba MHQ saja, namun juga beberapa lomba lain seperti Featival Al Banjari, Unusa Bersholawat, dan Unusa Fashion Street. Pengumuman perlombaan pun terasa istimewa, karena setiap peserta yang menjadi juara mendapatkan hadiah yang diserahkan di halaman Masjid Al Akbar Surabaya.

Ketika dihubungi secara terpisah mengenai prestasi yang diraih oleh dua siswa MAN 1 Gresik, Kepala Madrasah Drs. H. Muhari, M.Pd.I, mengucapkan syukur alhamdulillah karena MAN 1 Gresik kembali dapat meraih prestasi yang membanggakan yakni juara MHQ tingkat Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Unusa. Menurutnya MAN 1 Gresik akan terus melalakukan pembinaan kepada siswa agar terus dapat berprestasi sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing. Tidak hanya bidang nonakademik seperti yang telah diraih pada lomba ini saja, namun juga prestasi dalam bidang akademik. Untuk dapat meningkatkan prestasi tersebut, maka sejak jauh-jauh hari pihak madrasah sudah mempersipkan guru pembimbing yang intensif mendapimpingi siswa dalam ajang seperti Kompetisi Sains Madrasah, OSN, KSM, Olimpade, dan ajang-ajang serupa. Harapannya dengan pendampingan yang dilakukan oleh guru pembimbing, dapat meningkatkan prestasi di bidang akademik di luar madrasah.

Leave a Comment