4 SISWA MAN 1 GRESIK BERSAING
DALAM BABAK FINAL KOMPETISI SAINS NASIONAL DI JAKARTA

MAN 1 Gresik kembali bersaing dalam kompetisi sains tingkat nasional. Madrasah yang beralamat di jalan raya Bungah Nomor 46 Bungah Gresik tersebut berhasil mengirimkan 4 siswanya untuk mengikuti babak final Kompetisi Sains Muslim Indonesia (KOSSMI).

KOSSSMI adalah sebuah ajang kompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. kegiatan ini menjadi wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, sekaligus menumbuhkembangkan budaya kompetisi yang sehat, serta memotivasi mereka untuk terus meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual.

Keempat siswa yang berhasil menorehkan tinta emas mewakili MAN 1 Gresik dan Jawa Timur tersebut yaitu,
1. Muhammad Tsaqif Mapel Fisika
2. Muh Ibnu Athoillah Mapel Fisika
3. Vira Ayu Fitriana Mapel Kimia
4. Saif Ali khan Mapel Ekonomi

Sebelum tampil di babak final, Keempat siswa MAN 1 Gresik tersebut harus mengikuti babak penyisihan yang diikuti oleh ratusan siswa dari berbagai penjuru daerah di Indonesia. Babak penyisihan pun dilaksanakan mulai dari tahapan penyisihan tingkat kabupaten, penyisihan tingkat provinsi dan tingkat nasional.

Setelah berhasil menyingkirkan ratusan siswa di seluruh Indonesia, keempat siswa MAN 1 Gresik tersebut berhak melaju ke babak final yang hanya diikuti 25 peserta di setiap mata pelajaran.

Kegiatan final KOSSMI dilaksanakan selama dua hari yakni pada tanggal 4—5 Juni 2022 dan diselenggarakan di Universitas Al Azhar Indonesia. Setiap peserta yang lolos babak final pun harus mengerjakan soal secara offline dengan pengawasan ketat. Keempat siswa MAN 1 Gresik tersebut didampingi satu guru pendamping selama babak final berlangsung. Selain itu, untuk memberirkan dukungan moral secara penuh, Kepala MAN 1 Gresik juga turut hadir pada acara tersebut.

Menurut Drs. H. Muhari, M.Pd.I selaku kepala MAN 1 Gresik bahwa beliau akan terus berupaya sekuat tenaga untuk meningkatkan prestasi MAN 1 Gresik baik akademik maupun non akademik. Berbagai program telah disiapkan untuk menunjang prestasi tersebut, dan akan mulai dilaksanakan pada tahun ajaran baru yang akan datang. Sehingga pada tahun-tahun berikutnya siswa MAN 1 Gresik yang lolos KOSSMI tidak hanya 4 siswa, tapi bisa lebih dari itu. Kepala madrasah yang belum genap satu tahun memimpin MAN 1 Gresik tersebut juga sudah mengumpulkan guru-guru yang berpotensi dalam bidang pembinaan sains untuk menyiapkan treatment-treatment khusus agar kemampuan anak dalam berkompetisi semakin meninggkat.

Leave a Comment