HARI TERKHIR MATSAMA MAN 1 GRESIK TAHUN 2021 TERLAKSANA DENGAN SUKSES DAN MERIAH

 

Gresik, 14 Juli 2021. Pelaksanaan Matsama MAN 1 Gresik memasuki hari terakhir. Pada hari ketiga atau terakhir ini, beberapa materi disampaikan oleh pemateri dari internal madrasah dan dari luar madrasah. Pemateri dari internal madrasah meliputi penyampaian materi kurikulum yang disampaikan oleh Wakil Kepala Bidang Akademik Ibu Siti Amriyah, S.Pd, penggalian potensi diri yang disampaikan oleh ibu Jumaroh, S.Pd. Pengetahuan Adiwiyata oleh Bapak Drs. Khusnan, kegiatan kesiswaan yang disampaikan oleh Drs. Abdus Salam, M.Sc. untuk penyamapaian materi dari luar madrasah disampaikan oleh Muhammad Faris tentang Program Robotik.

Penyampaian materi kurikulum merupakan materi yang esensial bagi anak-anak. Karena pada materi ini Ibu Siti Amriyah, S.Pd menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan jalannya kegiatan belajar mengajar. Peserta Matsama diberikan pengetahuan tentang kegiatan awal pembelajaran mengenai salat dluha secara daring yang dikontrol langsung oleh wali kelas, prosedur pengumpulan tugas dan juga pelaksanaan ujian secara daring.

Materi tentang Kesiswaan yang disampaikan langsung oleh Waka Kesiswaan MAN 1 Gresik, Drs. Abdus Salam, M.Sc, banyak mengulas tentang program kegiatan kesiswaan baik tat tertib, ekstrakurikuler, maupun kegiatan lain yang berhubungan dengan siswa. Melalui penyampaian materi kesiswaan ini, diharapkan peserta didik baru memahami prosedur yang harus diikuti peserta didik selama berada di MAN 1 Gresik dan fasilitas-fasilitas yang didapatkan oleh peserta didik selama kegiatan efektif pembelajaran berlangsung

Pada materi penggalian diri, Ibu Jumaroh, S.Pd banyak memberikan motivasi pada peserta Matsama, bahwa untuk menemukan potensi diri, terlebih dahulu peserta didik harus memahami apa passion yang dimilikinya. Ketika seseorang sudah tahu apa passion yang dimiliki maka potensi yang dimiliki mudah untuk diikuti. Beliau juga menambahkan bahwa sebagai pribadi, tidak perlu takut untuk menggali potensinya masing-masing, karena setiap individu dilahirkan dengan keunikan masing-masing.

Sebagai puncak atau akhir dari pelaksanaan Mastsama 2021 yakni Closing dan Awarding Matsama MAN 1 Gresik tahun 2021. Dalam sambutannya selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Bapak Abdus Salam M.Sc, menyampaikan selamat kepada seluruh peserta Matsama yang sudah mengikuti jalannya Matsama selama 3 hari. Matsama merupakan rangkaian kegiatan pengenalan lingkungan madrasah pada seluruh peserta didik baru. Melalui Matsama ini diharapkan peserta didik baru mampu mengenali lingkungan baru tempat ia bersekolah. Beliau juga menyampaikan harapan semoga pandemi covid-19 ini segera berlalu dan seluruh guru dan peserta didik MAN 1 Gresik dapat menjalani rutinitas pembelajaran secara normal.

Pada kegiatan awarding juga disampaikan yang mendapatkan penghargaan khusus dari panitia Matsama MAN 1 Gresik tahun 2021. Terdapat 4 kategori yang mendapatkan penghargaan yakni (1) Peserta Teraktif dalam mengumpulkan tugas, (2) Peserta teraktif saat diskusi, (3) Kreasi topi terbaik, (4) Kreasi papan dada terbaik. Berikut data lengkap penerima awarding Matsama MAN 1 Gresik tahun 2021.

Kategori Peserta Teraktif dalam Mengumpulkan Tugas,

  1. Ahmad Rasya Aditiya W
  2. Eka Warda Yuliana
  3. Muhammad Syaifur Kamal

Kategori Peserta Teraktif Diskusi

  1. Silviana Saicatul Nikmah
  2. Ahmad ilmi Umar Faruq
  3. Clarisa Naila Imtiyaz

Kategori Kreasi Topi Terbaik

  1. Filnanda Yuda Prawira
  2. Anggun Cahya Pratiwi
  3. Ananda Birul Walidaini

Kategori Kreasi Papan Dada Terbaik

  1. Muhammad Arman Maulana
  2. Rohmatul Izzah
  3. Afrisa Ma’rifatul Auliah

Leave a Comment