MAN 1 GRESIK SALURKAN 582 ZAKAT FITRAH
KEPADA MASYARAKAT SEKITAR MADRASAH

Banyak cara untuk meningkatkan amal selama bulan Ramadan yang penuh berkah. Apalagi selama Ramadan setiap amal diganjar pahala berkali-kali lipat. Selain itu di Bulan Ramadan umat Islam diwajibkan untuk mengeluarkan zakat untuk fakir miskin atau yang orang yang membutuhkan.
MAN 1 Gresik yang merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama pun turut serta menjadi penyalur zakat fitrah. MAN 1 Gresik menjadi penyaluran zakat yang berumber dari zakat fitrah siswanya. Penerimaan zakat pun berlangsung selama 6 hari terhitung mulai 3—8 Mei 2021. Pelaksanaan penerimaan zakat dikordinatori oleh Waka Kesiswaan Drs. Abdus Salam, M.Sc, staf Waka Kesiswaan dan dibantu oleh pengurus OSIS dan MPK MAN 1 Gresik.
Pada Bulan Ramadan 1442 H ini, MAN 1 Gresik menyalurkan zakat fitrah sejumlah 582 kantong yang disalurkan kepada masyarakat sekitar madrasah. Tidak hanya ke masyarakat sekitar madrasah saja, zakat fitrah juga disalurkan kepada siswa kategori yatim piatu dan kurang mmapu, GTT dan PTT, panti asuhan, Musala sekitar madrasah, dan Pondok Pesantren Manbaul Ulum Bedanten.
Menurut Drs. Abdus Salam, penyaluran zakat fitrah merupakan kegiatan yang dilaksanakan tiap tahun di bulan Ramadan oleh MAN 1 Gresik. Zakat fitrah yang disalurkan berasal dari siswa MAN 1 Gresik. Selain sebagai bentuk pemenuhan rukun Islam, penyaluran zakat juga selalu melibatkan siswa yang tergabung dalam OSIS dan MPK. Hal ini bertujuan untuk mengajarkan kepada para siswa agar selalu sadar dalam menjalankan syariat Islam. Selain itu juga mengajarkan kepada siswa agar memiliki sikap social tinggi terhadap sesama. Karena meskipun andaikata kita sudah hidup cukup, namun juga harus memerhatikan orang-orang di sekitar kita.
Meskipun masih dalam musim pandemi, antusiasme siswa untuk menyalurkan zakat ke madrasah cukup tinggi. Terbukti dari jumlah penyaluran beras yang meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Walaupun tidak semua siswa menyalurkan lewat MAN 1 Gresik karena beberapa siswa juga rumahnya jauh dari madrasah, namun tahun ini mengalami peningkatan yang cukup tinggi.
Selain kegiatan penyaluran zakat, MAN 1 Gresik juga menyelenggarakan kegiatan lain selama Ramadan. Di antaranya yakni kegiatan bagi-bagi takjil kepada pengguna jalan, tadarus Al Qurán, santunan Jumat berkah yang menghadrikan warga kurang mampun dan berbagai kegiatan sosial dan keagamaan lainnya.

Leave a Comment