MAN 1 GRESIK JADIKAN BULAN RAMADAN
MOMENTUM UNTUK PEDULI TERHADAP SESAMA

 

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah. Bulan yang dilimpahi banyak pahala. Hal ini juga mendorong MAN 1 Gresik untuk tidak melewatkan momen penting yang hanya 1 bulan dalam satu tahun. Melalui kegiatan Kemenag Berinfaq yang selanjutnya sesuai dengan instruksi Kepala Kantor Kemenang Gresik Bapak Markus Firdaus, M.M.Pd yang menganjurkan setiap satuan kerja (Satker) menjalankan program tersebut, maka pada hari Jumat 30 April 2021, MAN 1 Gresik mengundang masyarakat sekitar madrasah kategori fakir miskin dan kaum dluafa. Total ada 35 warga yang dihadirkan di madrasah pada hari itu.
Setiap warga yang dihadirkan mendapatkan sembako berupa beras, gula, minyak dan kebutuhan pokok lainnya. Selain itu, warga yang diundang mendapatkan santunan berupa uang tunai yang langsung diserahkan kepada warga yang bersangkutan. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Waka Humas MAN 1 Gresik, Drs. Asád, M.Ag.
Waka Humas MAN 1 Gresik menuturkan bahwa program MAN 1 Gresik Berinfaq memang merupakan program rutin tiap bulan dengan menghadirkan masyarakat sekitar madrasah. Sumber pendananan kegiatan tersebut berasal dari donator Bapak/Ibu Guru dan Karyawan MAN 1 Gresik. Kegiatan yang dipusatkan di ruang pameran tersebut mengangkat tema Menjadikan Bulan Ramadan Ini sebagai Momentum Fitrah untuk Meningkatkan Ketaqwaan dan Rasa Syukur Kepada Allah SWT. Oleh karena itu, program MAN 1 Gresik berinfaq merupakan manifestasi moto Kemenag yakni Ikhlas Beramal. Sehingga program yang diselenggarakan di setiap akhir bulan ini dapat menjadi pendorong seluruh stakeholder MAN 1 Gresik untuk meningkatkan iman dan taqwa dengan cara beramal.
Hal senada juga disampaikan oleh Kepala MAN 1 Gresik Hj Masfufah, M.Pd. beliau menuturkan bahwa program MAN 1 Gresik berinfaq merupakan agenda bulanan madrasah yang berada di Jalan Raya Bungah 46 tersebut. Selain sebagai bentuk implementasi iman dan ketaqwaan yang diwujudkan dengan berinfaq, kegiatan tersebut juga merupakan bentuk kepedulian madrasah terhadap masyarakat sekitar. Karena dalam hidup dan keberlangsungan MAN 1 Gresik tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kerjasama dengan masyarakat sekitar. Khususn pelaksanaan Madrasah berinfaq jumlah donasi dan bantuan semakin ditingkatkan sesuai denga tema yang diangkat oleh panitia MAN 1 Gresik Berinfaq yakni Menjadikan Bulan Ramadan Ini sebagai Momentum Fitrah untuk Meningkatkan Ketaqwaan dan Rasa Syukur Kepada Allah SWT. Beliau juga meminta doa kepada masyarakat agar program ini senantiasa dapat dijalankan dengan istiqomah dan terus meningkat tiap bulannya, dan semoga MAN 1 Gresik terus dapat berprestasi dan imbas atas prestasi itu dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Leave a Comment