TIM KARYA ILMIAH REMAJA MAN 1 GRESIK

SABET MEDALI EMAS PADA AJANG INTERNATIONAL IVENTATION FESTIVAL 2020

 

Prestasi seolah tidak berhenti diraih oleh MAN 1 Gresik. Setelah sukses dengan penyelenggaran beberapa even dan pengukuhan madrasah tangguh Semeru Jawa Timur, kini tim Karya Ilmiah (KIR) berhasil menyabet Juara 1 Tingkat Internasional dalam Ajang Indonesia Internasional Ivitation Festival 2020. Ajang tersebut diselenggarakan oleh Asosiasi Aku Indonesia.

Tim KIR MAN 1 Gresik yang beranggotakan Ibrahim Al Khowwas, Maya Hasfhoh  Nur Rohmatul Haq, Siti Fatimatuz Zahroh, Agika Rahma Putri, dan Febi Auliya Duwi Insani berhasil menyisihkan 48 peserta dari berbagai negara. Hebatnya lagi perlombaan tersebut merupakan kompetisi yang pesaingnya tidak hanya level SMA/MA sederajat, namun juga level SMP, SMA, dan Perguruan tinggi dengan indikator penilaian yang sama.

Selain berhasil menyabet medali emas sebagai supremasi tertinggi dalam kompetisi tersebut, tim KIR yang diketuai oleh Ibrahim Al Khowas tersebut juga berhasil menyabet predikat Best Active Interaction. Jadi dalam kompetisi tersebut tim KIR MAN 1 Gresik berhasil menyandang predikat double winner atau juara ganda pada kompetisi yang diikuti 48 tim dalam ajang internasional tersebut.

Dalam perlombaan tersebut tim KIR MAN 1 Gresik menyajikan penelitian tentang pemanfaatan hasil perkebenunan yang tidak begitu diperhatikan oleh masyarakat. Hasil perkebunan tersebut dipadukan dengan pengelolaan hasil perikanan yang merupakan mata pencaharian masyarakat Gresik. Sehingga hasil penelitian yang dilakukan oleh tim KIR MAN 1 Gresik dapat dimanfaatkan oleh para petani tambak di Gresik. Hasil penelitian ini sangatlah membantu pula para pedagang ikan.

Saat ditemui tim SIM MAN 1 Gresik mengenai apa harapan setelah capaian di level internasional ini, tim KIR yang diwakili oleh Ibrahim Al Khowas mengatakan bahwa mereka berharap ke depannya penelitian ini dapat didayagunakan oleh masyrarakat secara umum. Selain itu juga untuk memajukan dunia penelitian terutama di MAN 1 Gresik dapat mendukung program madrasah inovatif dalam hal riset, serta mampu menciptakan inovasi-inovasi baru lainnya yang berdaya saing dan bermanfaat bagi dunia internasional.

Leave a Comment