PENCAK SILAT MAN 1 GRESIK RAIH JUARA 1 KEJUARAN PENCAK SILAT PIALA BUPATI JOMBANG ANTARPELAJAR SE-JAWA TIMUR

Setelah beberapa kali meraih juara dalam bidang akademik dan seni, kali ini MAN 1 Gresik menunjukkan prestasinya dalam bidang olah raga. Salah satu ekstrakurikuler yang cukup diminati oleh siswa MAN 1 Gresik yakni ekstrakurikuler Pencak Silat berhasil memersembahkan trophi. Prestasi tersebut dipersembahkan oleh Mohamad Nuruddin siswa kelas X-7 MAN 1 Gresik.

Keberhasilan tersebut diraih setelah Mohamad Nuruddin berhasil menyingkirkan pesain-pesaingnya dalam ajang Piala Bupati Jombang 2022. Mohammad Nuruddin harus melalui beberapa babak hingga mampu membawa pulang trophi juara 1. Turnamen tersebut merupakan ajang perlombaan pencak silat yang diperuntukkan untuk pelajar SMA/SMK/MA/sederajat se-Jawa Timur.

Kejuaran Pencak silat yang digelar pada 26—28 Desember 2022 itu, diikuti peserta sebanyak 388 dari berbagai kabupaten dan kota yang meliputi Jombang, Jember, Situbondo, Ponorogo, Bondowoso, Malang, Sampang, Surabaya, Pasuruan, Mojokerto, Nganjuk, Gresik, dan Siodarjo. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah penyaluran bakat dan minat atlet pencak silat. Selain untuk berkompetisi. Ajang ini juga bertujuan untuk menjalir silaturahim dan kerukunan nata perguruan pencak silat Se-Jawa Timur. Selain itu dalam ajang perlombaan ini diharapkan dapat memunculkan bibit pesilat potensial untuk mewakili Jawa Timur di pentas nasional.

Kejuaraan diikuti pesilat tingkat Jawa Timur ini melombakan kategori mulai usia dini 9-12 tahun. Usia pra remaja 12-14 tahun, dan usia remaja 13-17 tahun. Kelas tanding yang dipertandingkan mulai kategori A sampai J, sesuai berat badan. Selain melombakan seni tunggal, kejuaran ini juga melombakan pencak silar kategori ganda dan beregu.

Keberhasilan Mohamad Nuruddin disamput positif oleh Kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I. Beliau mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih oleh siswa kelas X-7 tersebut. Menurutnya, keberhasilan ini merupakan kesuksesan semua pihak yang mendukung program madrasah baik itu intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada pelatih Pencak Silat MAN 1 Gresik yang telah berjuang mengantarkan siswa MAN 1 Gresik berprestai dalam kejuaran pencak silat tingkat Jawa Timur. Kepala madrasah yang belum genap menjabat 1 tahun di MAN 1 Gresik tersebut berpesan agar prestasi ini dapat menjadi motivasi ekstrakurikuler lain dalam meraih prestasi.

Leave a Comment