MAN 1 GRESIK SALURKAN 255 BINGKISAN KEPADA MASYARAKAT SEKITAR DALAM SAFARI RAMADAN 1445 H

Ramadan merupakan bulan penuh berkah. Di bulan Ramadan, umat muslim berlomba-lomba untuk mengais pahala dengan berbagai kegiatan sosial, bersedakah dan kegiatan-kegiatan ubudiyah lainnya. Masjid-masjid maupun surau dipenuhi dengan suara warga yang mengaji selepas salat tarawih.

Sebagai madrasah plat merah, MAN 1 Gresik tidak ingin ketinggalan dalam meraih berkah di bulan Ramadan. Bertempat di Aula Ulul Albab MAN 1 Gresik, madrasah yang beralamat di jalan Raya Bungah 46 tersebut selenggarakan kegiatan sosial. Kegiatan tersebut dengan menghadirkan masyarakat sekitar Desa Bungah pada Jumat, 22 Maret 2024.

Kegiatan yang bertajuk Safari Ramadan Bersama Gusmen tersebut bertemakan “Kolaborasi Sejuta Cinta”. Kegiatan tersebut sejatinya dimulai pukul 14.00 WIB. Namun selepas salat dluhur atau sekitar pukul 12.30, masyarakat mulai memadati MAN 1 Gresik. Masyarakat yang telah hadir pun langsung diarahkan ke Aula Ulul Albab MAN 1 Gresik.

Tepat pukul 14.00 WIB, kegiatan Safari Ramadan dimulai. Kegiatan dibuka oleh Zahra Rahma Putri siswa MAN 1 Gresik yang tergabung dalam kegiatan extrakurikuler Public Speaking M1G. Selanjutnya dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Safira Zalianti Azzahra siswa kelas XI-12 yang merupakan juara 1 MTQ Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023.

Dalam kesempatan tersebut Kepala MAN 1 Gresik, Drs. H. Muhari, M.Pd.I menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang hadir, menyempatkan waktunya di sela-sela kesibukannya masing-masing. Kegiatan Festival Ramadan pada kesempatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara serentak. Kegiatan ini dilaksanakan di Kementerian Agama RI pusat dan di kantor Kementerian Agama di daerah-daerah. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memerat ukhuwah islamiyah dengan berbagai kepada sesama. Semoga dengan adanya kegiatan pada siang hari ini dapat bermanfaat dan dapat memudahkan urusan kita di dunia.

Setelah sambutan kepala madrasah, kegiatan dilanjutkan dengan tausiyah agama yang disampaikan oleh K.H. Nuril Huda, M.Si. Dihadapan ratusan peserta yang hadir dalam Safari Ramadan beliau banyak mengulas tentang hikmah puasa. Hikmah dalam kacamata agama dan puasa menurut kaidah medis. Kemudian kegiatan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ustaz Solih, M.Ag.

Selanjutnya kegiatan penyerahan bingkisan kepada masyarakat Bungah dan siswa MAN 1 Gresik. Total terdapat 255 bingkisan yang disalurkan. Adapun rincian pembagian bingkisan yaitu 175 bagi masyarakat dan 80 bingkisan untuk siswa MAN 1 Gresik kategori yatim atau kurang mampu.

Leave a Comment