BEKALI JIWA ENTEPRENEUR, PROGRAM KETERAMPILAN MAN 1 GRESIK SELENGGARAKAN IN HOUSE TRAINING MENGGANDENG DUNIA INDUSTRI DAN DUNIA USAHA

Dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil dan guna menjawab tantangan zaman, MAN 1 Gresik selenggarakan In House Training Program Keterampilan. In House Training ini dilaksanakan dengan menggandeng Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) yang relevan dengan program keterampilan yang ada di MAN 1 Gresik. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang keterampilan MAN 1 Gresik mulai Senin 8 Januari 2024 hingga Jumat 12 Januari 2024.

Tiga keterampilan yang mendapatkan kesempatan mengikuti In House Training yaitu, Porgram Keterampilan Teknik Komputer Jaringan, Program Desain Interior dan Furniture, serta Porgram keterampilan Tata Busana. Pelatihan ini diikuti sebanyak 100 siswa dengan rincian,

  1. Teknik Komputer dan Jaringan Kelas XII IPA 4 sebanyak 31 siswa
  2. Desain Interior dan Teknik Furnitur Kelas XII IPA 5 sebanyak 33 siswa
  3. Tata Busana Kelas XII IPS 1 sebanyak 36 siswa

Siswa yang mengikuti program Teknik komputer jaringan mendapatkan pelatihan pembuatan dan pemeliharaan Web. Program keterampilan Desain Interior dan Teknik Furnitur mendapatkan pelatihan kreasi teknik furnitur oleh Bapak Joko Digdoyo pengrajin furnitur yang telah puluhan tahun begelut dalam dunia furnitur. Sedangkan untuk keterampilan tata busana mendapatkan pelatihan pembuatan songkok oleh Bapak Muhammad Makhrus dan Bapak Muhammad Badruddin. Beliau merupakan salah satu pengusaha rumah songkok yang telah memproduksi songkok untuk dikirim ke berbagai daerah di Indonesia.

Pelatihan keterampilan In House Training yang diperuntukkan bagi siswa program keterampilan MAN 1 Gresik merupakan program rutin yang diselenggarakan tiap tahun. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas XII. Pelatihan ini dilaksanakan guna memberikan skill kepada siswa kelas XII dalam bidang Furnitur, TKJ maupun Tata Busana. Kegiatan ini dilaksanakan guna menumbuhkan jiwa enterpreneur. Sehingga ketika siswa MAN 1 Gresik telah lulus tidak hanya sekadar mencari pekerjaan namun juga menciptakan lapangan kerja.

Kepala MAN 1 Gresik dalam kesempatan pembukaan In House Training juga menyampaikan bahwa di era industri dan digitalisasi hari ini, cerdas dalam pembelajaran di kelas saja tidak cukup. Lulus hanya bermodal ijazah saja tidak cukup. Namun, hari ini siswa harus memiliki keterampilan yang dapat bernilai jual, keterampilan yang mampu menjadi bekal dalam menciptakan lapangan kerja baru. Sehingga lulusan MAN 1 Gresik dapat bersaing dengan enterpreneur-enterpreneur muda guna menyongsong Indonesia emas pada tahun 2045. Beliau berpesan agar kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari ini dapat diikuti dengan sebaik mungkin. Siswa diharapkan dapat menyerap pengetahuan sebaik-baiknya agar dapat diimplementasikan pada saat telah lulus dari MAN 1 Gresik.

Leave a Comment