TANAMKAN NILAI KEDISIPLINAN, MAN 1 GRESIK HADIRKAN KAPOLSEK BUNGAH PADA UPACARA BENDERA HARI SENIN

Upacara bendera hari Senin, 6 November 2023 di MAN 1 Gresik berbeda dari biasanya. Kalau pada pelaksanaan biasanya pembina upacara dari Bapak/Ibu Guru MAN 1 Gresik, kali ini upacara dipimpin langsung oleh Kapolsek Bungah. hal ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara madrasah dengan Kepolisian Republik Indonesia dalam hal ini Kapolsek Bungah.

Dalam sambutannya di hadapan ribuan siswa MAN 1 Gresik, beliau menyampaikan bahwa kegiatan upacara bendera dengan pembina upacara Polsek Bungah merupakan tindak lanjut dari MoU antara MAN 1 Gresik dengan Polsek Bungah. Melalui kerja sama yang tertuang dalam MoU, warga MAN 1 Gresik dapat berperan aktif dalam menjaga kondusifitas dan ketertiban di masyarakat. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada pihak madrasah yang turut beperan serta dalam mewujudkan kemanan lingkungan masyarakat di Desa Bungah.

Beliau melanjutkan bahwa saat ini marak terjadi kenakalan remaja. Ironisnya kenakalan remaja sering kali disebarkan di media sosial baik itu Facebook, Twiter, Instagram, Tiktok dan platform digital lainnya. Bahkan di Gresik wilayah selatan atau tepatnya di Menganti telah viral kenakalan remaja berupa pengeroyokan pelajar. Kenakalan-kenakalan remaja itu diharapkan tidak menjalar di lingkungan MAN 1 Gresik.

Untuk mewujudkan lingkungan yang tertib dan aman, maka setiap siswa harus menerapkan budi pekerti luhur. Budi pekerti luhur harus diterapkan di masyarakat. Budi pekerti luhur tersebut meliputi,

  1. Penerapan sikap religius
    Penerapan sikap religius dengan giat beribadah. Tidak meninggalkan salat dan puasa wajib. Syukur apabila siswa MAN 1 Gresik istiqomah untuk puasa sunnah Senin-Kamis dan menjalankan salat sunnah.
  2. Disiplin
    Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari siswa harus disiplin, karena disiplin merupakan kunci utama meraih kesuksesan. Selain itu disiplin juga harus diterapkan pada saat berlalu lintas. Hal itu tertuang dalam Undang-Undang nomor 22 tahun 2009. Beliau menguraikan tentang tentang aturan berkendara yang baik dan benar. Aturan tersebut mulai dengan menggunakan helm ber-SNI, knalpot yang standar serta kelengkapan sepeda motor sepert lampu seins yang berfungsi, kaca spion standar dan lain sebagainya.
  3. Karakter bertanggung jawab
    Salah satu kunci sukses yaitu sikap bertanggung jawab. Tanggung jawab dalam hal ini yaitu dapat bertanggung jawab atas perilaku yang dilakukan. Apabila melakukan pelanggaran hukum, maka siap untuk bertanggung jawab. Karakter bertanggung jawab merupakan tahapan belajar untuk menyiapkan diri di masa depan.
  4. Cinta tanah air
    Karakter cinta tanah air merupakan karakter yang harus ditanamkan sejak diri. Cinta tanah air di sini bukan berarti berperang melawan bangsa lain. Namun, cinta tanah air di sini diwujudkan dengan terus belajar dengan sungguh-sungguh. Kalau sudah belajar dengan sungguh-sungguh maka siswa akan meraih prestasi.

Kegiatan upacara bendera berakhir pukul 08.00 WIB. Setelah kegiatan upacara bendera, dilanjutkan dengan pemberian reward pada siswa beprestasi. Total pada hari senin, 6 November 2023, MAN 1 Gresik membagikan 53 reward atas prestasi siswa di tingkat provinsi dan nasional.

Leave a Comment