TIM KARYA TULIS ILMIAH BASWARA MAN 1 GRESIK SUKSES MERAIH JUARA 3 NASIONAL LKTI SCEVENT 2023 YANG DISELENGGARAKAN ITS

MAN 1 GRESIK kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Prestasi kali ini diraih oleh tim Karya Tulis Ilmiah (KTI) MAN 1 Gresik. Tim KTI MAN 1 Gresik berhasil meraih juara 3 Nasional LKTI Scevent ITS Surabaya tahun 2023.

Tim karya tulis Ilmiah MAN 1 Gresik beranggotakan Fua’datuz Zakiyah dan Maftuhatul Ilmiyah (XI-2) sukses menjadi juara setelah bersaing dengan para kompetitornya. Sebelum mencapai babak final, mereka harus melalui beberapa tahapan. Mereka terlebih dulu halus mengikuti babak seleksi abstrak. Sukses di babak seleksi abstrak, kemudian peserta LKTI Scenvest ITS harus mengirimkan full paper. Pada babak full paper ini kemudian diambil 7 tim terbaik.

Di babak final yang dilangsungkan di gedung Fakultas Kedokteran ITS pada hari Ahad 29 Oktober 2023, Tim KTI MAN 1 Gresik harus bersaing dengan 6 tim lain yang berasal dari sekolah dan Perguruan tinggi di Indonesia. Di babak final ini tim KTI MAN 1 Gresik mempresentasikan karya ilmiah tentang Pengembangan teknologi didunia kesehatan.

Penelitian yang dilakukan oleh Fua’datuz Zakiyah dan Maftuhatul Ilmiyah ini muncul atas sebuah permasalahan terhadap layanan sistem kesehatan di Indonesia. Peneliti melihat bahwa layanan kesehatan di Indonesia masih memiliki permasalahan yang cukup kompleks. Oleh sebab itu, penelitian ini fokus pada pengembangan manajemen pengolahan data pasien, proteksi informasi medis, dan transparansi dalam sistem kesehatan. Melalui karya tulis ini, diharapkan dapat memerbaiki efisiensi, keamanan, dan keterbacaan data medis, sambil meningkatkan kemampuan berbagi data medis yang lancar di seluruh penyedia layanan kesehatan.

Menurut Fua’datuz Zakiyah dan Maftuhatul Ilmiyah selaku tim Baswara KTI MAN 1 Gresik menyampaikan bahwa kemenangan ini merupakan titik awal perjuangan kami. Kami bersyukur dan bahagia atas hal keberhasilan tersebut. Semua kerja keras, keringat, dan waktu yang kami investasikan akhirnya terbayar tuntas. Tidak ada yang bisa menggambarkan betapa bersyukurnya kami dan betapa berharga kerja sama kami. Ini adalah momen yang akan selalu kami kenang dan kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan memercayai kami. Dengan pencapaian ini, kami semakin termotivasi untuk bekerja lebih keras pada perjalanan selanjutnya, menghadapi lomba yang akan datang dengan semangat dan tekad yang lebih kuat.

Atas keberhasilan yang diraih oleh tim KTI, kepala MAN 1 Gresik mengapresiasi atas juara 3 nasional yang diraih Fuadatuz Zakiyah dan Maftuhatul Ilmiyah. Menurutnya juara yang diraih oleh Tim KTI merupakan prestasi berkat kerja sama seluruh komponen di MAN 1 Gresik. Tentu prestasi ini sesuatu yang cukup membanggakan bagi keluarga besar MAN 1 Gresik. Namun yang lebih penting dari prestasi ini, juga kebermanfaatan karya tim KTI bagi ilmu pengetahuan. Tentu lembaga pendidikan harus berkontribusi pagi pengembangan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi keberlangsungan kehidupan.

Leave a Comment