PERINGATI TAHUN BARU HIJRIYAH, SELURUH KELUARGA BESAR MAN 1 GRESIK IKUTI KIRAB 1 MUHARAM

Dalam rangka menyemarakkan tahun baru Hijriyah 1445, MAN 1 Gresik selenggarakan kirab 1 Muharram. Kegiatan yang dilaksanakan setahun sekali tersebut diikuti oleh seluruh warga MAN 1 Gresik mulai dari guru, karyawan, dan seluruh siswa. Pelaksanaan kirab 1 Muharam dilaksanakan pada hari Jumat, 21 Juli 2023

Kegiatan kirab 1 Muharram dimulai pukul 08.00 WIB tepat setelah dilaksanakannya kegiatan pembiasan. Siswa MAN 1 Gresik yang berjumlah lebih dari seribu siswa mengenakan baju busana muslim. Untuk siswa laki-laki mengenakan baju taqwa putih dan bersarung. Sedangkan untuk siswa perempuan mengenakan gamis putih. Sedangkan untuk jilbab yang dikenanakan siswa putri bervariatif disesuaikan dengan kesepakatan setiap kelas masing-masing.

Tidak hanya mengenakan busana muslim, tampak tiap kelas menyajikan kreasinya engan berbagai atribut. Terdapat kelas yang membawa atribut rebana. Terdapat pula siswa MAN 1 Gresik yang membawa atribut kitab kuning sebagai simbol santri, dan masih banyak lagi atribut yang unik.

Peserta kirab terlebih dahulu mengikuti prosesi seremonial atau pelepasan yang dipimpin oleh Waka Kesiswaan Bapak Abdul Khozim, M.Pd.I. Selanjutnya peserta kirab secara berurutan tiap kelas mulai berjalan ke luar madrasah denagn diringi Marching Band MAN 1 Gresik. Peserta kirab pun berjalan mengelilingi Desa Bungah.

Para peserta kembali ke madrasah sekitar pukul 09.00 WIB. Setelah semua berkumpul di lapangan, selanjutnya pengurus OSIS memberikan reward kepada peserta kirab 1 Muharam. Penilaian didasarkan atas keunikan dan kreativitas masing-masing peserta dalam mengikuti kirab 1 Muharam.

Leave a Comment