SELEKSI PESERTA DIDIK BARU JALUR KEMITRAAN MAN 1 GRESIK DIIKUTI 123 PESERTA SMP/MTs

Memasuki pertengahan bulan Mei dan juga semakin mendekatkan pada tahun ajaran baru yang dimulai pada pertengahan bulan Juli, MAN 1 Gresik selenggarakan seleksi calon peserta didik baru. Penjaringan calon peserta didik baru kali melalui tahap yang ketiga. Sebelumnya pada bulan lalu dilaksanakan penjaringan calon peserta didik baru dari jalur prestasi dan tahfiz. Pada 17 Mei 2023, MAN 1 Gresik selenggarakan seleksi calon peserta didik baru untuk tahun pelajaran 2023-2024 melalui jalur kemitraan.

Seleksi caoon peserta didik baru jalur kemitraan dilangsungkan di gedung Auditorium Al Mahariyah Ma’had Al Hikmah MAN 1 Gresik. Total 123 siswa SMP/MTs mengikuti seleksi jalur kemitraan ini. Dari 123 peserta yang mendaftar terdapat 4 siswa yang tidak hadir dan dinyatakan gugur dalam seleksi tersebut.

Seleksi jalur kemitraan dikhususkan bagi siswa SMP/MTs yang telah merupakan sekolah atau madrasah mitra dengan MAN 1 Gresik. Artinya jalur ini diperuntukkan bagi siswa di SMP/MTs yang telah mendatangani MoU dengan MAN 1 Gresik mengenai pengembangan pendidikan. seleksi jalur keimtraan ini sudah berlangsung sejak setahun yang lalu.

Setiap peserta yang mengikuti jalur kemitraan ini harus melalui serangkaian tes. Tes tersebut meliputi seleksi berkas, seleksi baca dan tulis Al Qur’an, serta seleksi wawancara. Penguji seleksi jalur kemitraan tersebut pun juga merupakan guru yang telah mumpuni di bidangnya masing-masing.

Menurut Kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I. Seleksi jalur kemitraan ini merupakan seleksi khusus diperuntukkan bagi peserta didik di SMP/MTs yang menjadi mitra MAN 1 Gresik. Alhamdulillah jalur ini juga diminati banyak pendaftar. Meskipun ini jalur khusus, namun panitia tetap menggunakan standar yang tinggi pada jalur kemitraan ini. Pasalnya jalur kemitraan ini nanti diharapkan benar-benar dapat menyerap peserta didik yang berprestasi dan memiliki potensi baik dalam bidang akademik maupun nonakademik. Kemudian untuk pengumuman akan diinformasikan melalui web MAN 1 Gresik pada 20 Mei 2023. Beliau berpesan kepada peserta yang tidak lolos pada jalur ini nanti tidak perlu berkecil hati, karena setelah ini dapat mengikuti seleksi jalur reguler yang diselenggarakan pada bulan Juni 2023.

Leave a Comment