PMR MAN 1 GRESIK SELENGGARAKAN SANTUNAN ANAK YATIM DAN BUKA PUASA BERSAMA

Bertepatan dengan hari ke-17 Ramadan, Palang Merah Remaja MAN 1 Gresik selenggarakan kegiatan sosial. Kegiatan sosial yang berupa santunan anak yatim tersebut dibalut dengan kegiatan buka bersama seluruh kader PMR dengan nama unit Laspraja MAN 1 Gresik tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada akhir pekan atau tepatnya 8 April 2023.

Pemilihan tanggal pelaksanaan pada akhir pekan tersebut dilakukan dengan beberapa pertimbangan. Di antaranya memudahkan mobilisasi anggota PMR yang belum memasuki libur jelang hari raya, dan alumni PMR MAN 1 Gresik yang mayoritas di rumah ketika akhir pekan. Kegiatan tersebut pun diikuti sebanyak 183 peserta baik anggota PMR aktif maupun yang sudah masuk kategori alumni.

Kegiatan santunan anak yatim dan buka bersama diawali dengan khotmil Qur’an yang diikuti seluruh peserta. Kegiatan khotmil Qur’an sendiri dimulai pukul 16.15 ketika telah dipastikan seluruh peserta santunan anak yatim dan buka puasa bersama telah hadir. Doa khotmil Qur’an dibacakan oleh Ustaz Zahrony, S.Pd.I.

Setelah khotmil Qur’an kegiatan dilanjutkan dengan acara seremonial. Anggota PMR angkatan 37 yakni Barliyanti Puspa Ninda dan Faradis Rahma dipercaya sebagai pembawa acara. Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an yang dilantunkan oleh anggota PMR MAN 1 Gresik angkatan 38 yakni Anandita Rahmania.

Setelah pembacaan Al Qur’an, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh ketua panitia Suci Oktavia Al Irsyadi. Anggota PMR MAN 1 Gresik yang tercatat sebagai siswa kelas XI MIPA 1 tersebut mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut. terutama kepada madrasah yang telah memberikan izin tempat pelaksanaan dan juga kepada seluruh alumni yang telah mendonasikan uang demi berlangsungnya acara tersebut.

Sambutan kedua disampaikan oleh Pembina PMR MAN 1 Gresik yaitu Bapak Agus Sahrul Mubarich, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan buka bersama ini merupakan agenda rutin PMR MAN 1 Gresik. Penanggung jawab kegiatan ini yaitu pengurus harian dan Divisi bidang Sosial Kemasyarakatan PMR MAN 1 Gresik. Agenda awalnya hanya buka puasa bersama, namun kalau hanya sekadar buka puasa bersama tidak ada bedanya dengan tahun-tahun sebelumnya. Maka pada tahun ini diselenggarakan pula dengan santunan anak yatim. Awal mulanya panitia belum siap secara pendanaan, maka beliau menyampaikan akan melakukan penggalangan dana dengan para alumni PMR MAN 1 Gresik.

Sambutan ketiga disampaikan oleh Bapak Abdul Khozim, M.Pd.I selaku Waka Kesiswaan yang mewakili Kepala MAN 1 Gresik yang berhalangan hadir. Wakil kepala madrasah yang baru menjabat tersebut menyampaikan salam kepala madrasah yang tidak bisa hadir pada acara ini karena ada kegiatan lain yang tidak bisa ditinggal. Beliau menuturkan awalnya ketika panitia menyodorkan proposal, beliau memberikan ACC atas dua kegiatan yakni bagi takjil dan santunan anak yatim. Untuk buka puasa bersama perlu dikordinasikan dengan atasan karena sesuai dengan edaran Menteri Sekretaris Negara adanya larangan berbuka bersama untuk lembaga instansi pemerintah. Namun setelah bernegosiasi dengan berbagai pertimbangan kegiatan tersebut diberikan izin madrasah dengan beberapa catatan-catatan. Akhirnya kegiatan tersebut dapat dilaksakan.

Setelah sambutan Waka Kesiswaan, kegiatan dilanjutkan dengan santunan anak yatim. Total terdapat 10 anak yatim yang mendapatkan santunan. Tidak hanya santunan berupa uang, namun santunan yang diberikan juga berupa bingkisan

Leave a Comment