AJARKAN TENTANG PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN,
MAN 1 GRESIK AJAK 435 SISWA OBSERVASI LAPANGAN DI WISATA EDUKASI KEBUN PAK BUDI

Para siswa MAN 1 Gresik datang lebih awal daripada biasanya, dengan mengenakan seragam olah raga lengkap, seluruh siswa berbaris rapi di halaman MAN 1 Gresik. Di tempat itu pula telah berjajar rapi deretan bus yang siap mengangkut siswa MAN 1 Gresik. Pagi itu tepat tanggal 8 November 2022, siswa kelas X MAN 1 Gresik melakukan kegiatan pembelajaran langsung di lapangan atau yang sering dikenal dengan kegiatan Observasi Lapangan (OL).

Total terdapat 435 siswa kelas X yang mengikuti kegiatan observasi lapangan. Kegiatan observasi lapangan merupakan kegiatan rutin yang diperuntukkan untuk siswa MAN 1 Gresik. Kegiatan pun selalu berpindah-pindah setiap tahunnya. Pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan observasi lapangan pernah dilakukan di situs budaya seperti di Trowulan dan sebagainya.

Tahun ini siswa MAN 1 Gresik melangsungkan observasi lapangan di Wisata Edukasi Kebun Pak Budi. Wisata Edukasi Kebun Pak Budi merupakan salah satu dari beberapa objek wisata yang menyajikan edukasi dalam dunia pertanian dan peternakan yang dibalut dengan keseruan wisata. Lokasi Kebun Pak Budi terletak di Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa timur. Kebun Pak Budi merupakan objek wisata yang sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas, dan berbagai macam wahana dalam satu kawasan.

Pemilihan lokasi tersebut bukan tanpa alasan. Selain sebagai pembelajaran langsung pada siswa MAN 1 Gresik, kegiatan observasi lapangan di Wisata Edukasi Kebun Pak Budi juga berkaitan dengan pembelajaran berbasis proyek yang harus dituntaskan oleh seluruh siswa kelas X. Di Wisata Edukasi Kebun Pak Budi, para siswa diajarkan banyak hal seperti pembibitan, hidroponik, dan belajar perikanan bioflok. Tidak hanya itu, seluruh siswa kelas X diberikan kesempatan untuk belajar langsung tentang konsep dasar dan praktik pertanian modern, peternakan, dan perkebunan.

Menurut Ibu Siti Amriyah, S.Pd selaku Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum bahwa pelaksanaan observasi lapangan ini bertujuan utama untuk menambah wawasan siswa dengan permasalahan yang nyata dalam lingkungan di sekitarnya. Sehingga dengan pemahaman langsung di lapangan, diharapkan siswa MAN 1 Gresik dapat menjadi agen perubahan dan mampu memecahkan masalah sesuai dengan permasalahan yang nyata di lingkungannya. Tidak hanya itu, melalui kegiatan observasi lapangan yang merupakan agenda tahunan, diharapkan siswa mampu berpikir kreatif dan inovatif serta mampu berkolaboratif dalam pembelajaran.

Leave a Comment