MAN 1 GRESIK SALURKAN 582 PAKET ZAKAT FITRAH KEPADA MASYARAKAT DI BULAN SUCI RAMADAN 1443 HIJRIYAH

 

Jumat, 22 April 2022. Sebagai bentuk aktualisasi diri menjalankan rukun Islam, OSIS MAN 1 Gresik menyalurkan 582 kantong zakat fitrah. Pemerolehan zakat fitrah dikumpulkan dari siswa MAN 1 Gresik sejak hari Senin 18 April 2022. Penerimaan dan penyaluran zakat fitrah dikordinatorI oleh Waka Kesiswaan, Pembina OSIS, dan beberapa guru agama.

Adapun zakat fitrah disalurkan kepada beberapa pihak yang dianggap layak untuk menerima paket zakat fitrah. Di antara penerima zakat tersebut meliputi, 130 siswa MAN 1 Gresik yang kategori layak menerima zakat fitrah. 76 paket disalurkan kepada keluarga guru dan karyawan MAN 1 Gresik. 70 paket disalurkan kepada masyarakat sekitar MAN 1 Gresik. 161 paket disalurkan ke musala dan panti asuhan yang berada di wilayah Bungah, dan 145 paket zakat fitrah disalurkan melalui Bapak/Ibu guru MAN 1 Gresik kepada tetangga terdekat yang dianggap layak untuk menerima zakat fitrah.

Kegiatan pembagian zakat fitrah ini merupakan agenda rutin yang dilakukan tiap tahun. Bahkan meskipun pada dua tahun lalu masih dalam masa pandemi, pembagian zakat fitrah pun tetap dilaksanakan bahkan semakin ditingkatkan. Hal ini merupakan wujud nyata komitmen MAN 1 Gresik yang selalu peduli terhadap masyarakat.

Menurut Drs. Abdus Salam, M.Sc. selaku wakil kepala madrasah bidang kesiswaan penyaluran zakat fitrah yang dilaksanakan oleh OSIS merupakan kegiatan yang sudah diprogramkan oleh OSIS dan juga madrasah setiap tahunnya. Selain sebagai pemenuhan kewajiban rukun Islam, kegiatan penyaluran zakat juga sebagai bentuk edukasi kepada siswa MAN 1 Gresik tentang pentingnya berbagi di bulan suci Ramadan. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa MAN 1 Gresik jiwa sosialnya semakin terbuka dan menjadi peduli terhadap sesama.

Leave a Comment