HARI PERTAMA MATSAMA MAN 1 GRESIK DIHADIRI KAKANKEMENAG DAN KASI PENDMA KABUPATEN GRESIK

 

 

 

 

Sebagai bentuk pengenalan lingkungan madrasah pada peserta didik baru, MAN 1 Gresik selenggarakan Matsama (Masa Taaruf Siswa Madrasah) tahun 2021. Seluruh peserta didik yang telah diterima di MAN 1 Gresik baik dari jalur prestasi, tahfidz maupun reguler.

Kegiatan Matsama MAN 1 Gresik sendiri dilaksanakan selama 3 hari yakni mulai tanggal 12 Juli—14 Juli 2021. Dalam pelaksanaan Matsama selama 3 hari, para peserta didik baru MAN 1 Gresik mendapatkan beberapa materi pengenalan lingkungan madrasah. Pada hari pertama, peserta didik baru mendapatkan arahan materi tentang moderasi beragama yang disampaikan oleh Kepala Kemenag Kabupaten Gresik, Bapak Markus Firdaus, M.M.Pd. Dalam penyampaian materi dengan durasi selama 1 jam, belaiu banyak mengulas tentang pentingnya moderasi beragama. Moderasi beragama merupakan pola piker memahami agama yang tidak lagi secara konservatif, namun memahami agamai secara dinamis, luas, dan moderat. Sehingga dengan moderasi beragama pelajar Indonesia utamanya peserta Matsama dapat memiliki pemikiran terbuka terhadap agama. Kepala Kemenag asal Madura itupun melanjutkan, ketika seorang individu memahami agama secara konservatif maka lambat laun individu tersebut malah mengarah pada radikalisme dalam beragama.

Selain kepala Kemenag Gresik, juga dalam kesempatan tersebut Kasi Pendma Kabupaten Gresik pun Bapak Yahya diberikan kesempatan untuk menyampaikan materi selama 30 menit, tentang Ukhuwah Wathoniah. Beliau banyak mengulas tentang pentingnya memererat persaudaraan dan semangat bernegara, karena hubbul wathon minal iman, cintaa tanah air adalah sebagian dari iman. Sehingga beliau menekankan kepada para peserta Matsama, wajib hukumnya mencintai Negara, dan menjaga kebersamaan, persaudaraan demi keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Selain penyampaian materi dari pimpinan Kemenag Kabupaten Gresik. Seluruh peserta didikn baru juga mendapatkan materi tentang salah satu program unggulan MAN 1 Gresik yakni tentang Madrasah Riset. Dalam kesempatan ini Bapak Ach. Alfiansyah, S.Kom diberikan kesempatan untuk menyapaikan materi tentang komponen-komponen penting dalam madrasah riset. MAN 1 Gresik memang sejak 4 tahun terakhir ini fokus pada madrasah riset. Hal ini terbukti dengan prestasi yang banyak diraih oleh peserta didik MAN 1 Gresik di berbagai kegiatan lomba karya ilmiah baik tingkat Nasional maupun Internasional. Di Kemenag pusat sendiri, MAN 1 Gresik juga aktif dalam kegiatan lomba karya ilmiah yang diselenggarakan oleh Kemenag Pusat seperti Myres dsb. Program madrasah riset semata-mata untuk memfasilitasi para peserta didik dalam hal riset yang ketika nanti duduk di bangku kuliah.

Kepala MAN 1 Gresik Hj. Masfufah, M.Pd dalam sambutan pembukaan Matsama mengucapkan selamat datang dan selamat mengkikuti Matsama MAN 1 Gresik 2021 kepada seluruh peserta Matsama. Meskipun dalam kondisi pandemic dan tidak bertatap muka secara langsung, beliau berharap  seluruh peserta didik baru tetap semangat mengikuti jalannya Matsama. Beliau juga mengimbau kepada seluruh peserta Matsama untuk selalu mematuhi protokol kesehatan di manapun berada karena saat ini kasus penularan Covid-19 terus meningkat dari hari-kehari. Beliau juga menuturkan kepada seluruh peserta didik meskipun nanti pembelajaran dilaksanakan secara daring, namun diharapkan siswa juga tetap aktif dalam pembelajaran, jangan sampai setiap hari mengikuti pembelajaran daring, namun tidak mengenal guru yang mengajar di kelas secara daring.

Leave a Comment