BIRO PERENCAAN KEMENAG PUSAT TINJAU PERSIAPAN PENGEMBANGAN MA’HAD AL HIKMAH

Jumat, 19 Februari 2021. MAN 1 Gresik kedatangan tamu dari Kemenag Pusat, beliau adalah Bapak M. Ridwan Biro perencanaan Setjen Kemenag Pusat. Beliau beserta rombongan hadri di MAN 1 Gresik pukul 08.30 dan langsung disambut oleh Kepala MAN 1 Gresik Ibu Hj. Masfufah, M.Pd beserta Waka dan pengurus Ma’had Al Hikmah MAN 1 Gresik.

Kehadiran beliau dalam rangka meninjau kesiapan MAN 1 Gresik yang saat ini sedang merencanakan pembangunan asrama Ma’had baru di sisi baru MAN 1 Gresik. Kedatangan beliau pun berdasarkan tindak lanjut pengajuan proposal yang dilakukan oleh Kepala Madrasah kepada Kemenag Pusat dan Bapenas di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Pejabat yang berasal dari Malang tersebut pun berkeliling meninjau asrama Ma’had MAN 1 Gresik yang saat ini sudah berdiri sejak 2010 tersebut. Beliau melihat detail tiap bagian Ma’had mulai dari halam depan, dapur ma’had, dan beberapa fasilitas lainnya.

Tidak hanya sekadar meninjau ruang dan fasilitas yang terdapat dalam Ma’had Al Hikmah. Pak M. RIdwan pun meninjau fasilitas lain yang ada di MAN 1 Gresik seperti Laboratorium IPA, ruang keterampilan dan berbagai fasilitas penunjang pembelajaran lainnya

Pak Ridwan menyampaikan bahwa pengelolaan Ma’had Al Hikmah sudah sangat baik dan sesuai dengan anjuran Kemenag Pusat. Hal itu dapat dilihat dari pengelolaan dan penataan setiap fasilitas yang baik, rapi dan mengesankan. Begitu pula dengan program yang diterapkan pada para santri yang menunjukkan Ma’had Al Hikmah mampu menjaga moderasi beragama di tengah gempuran produk dan style globalisasi. Beliau berharap. Program yang telah dijalankan dapat terus ditingkatkan oleh pihak madrasah terutama pengurus Ma’had Al Hikmah.

Dihubungi terpisah Kepala MAN 1 Gresik Ibu Hj. Masfufah, M.Pd menyampaikan terima kasih atas kedatangan Biro perencaan Kemenag Pusat Bapak M. Ridwan. Kedatangan beliau memang sebagai tindak lanjut atas proposal yang diajukan MAN 1 Gresik kepada Kemenag Pusat dan Bapenas mengenai pengembangan Ma’had Al Hikmah yang diwujudkan dengan pengajuan pembangunan gedung baru dan penambahan beberapa fasilitas penunjang. Rencananya pembangunan akan dilaksanakan sesuai dengan target pada awal tahun anggaran 2022. Diharapkan dengan adanya pengembangan Ma’had Al Hikmah ini dapat meningkatkan kualitas santri Ma’had Al Hikmah dalam pendalaman ilmu agama seperti membaca kitab kuning dsb.

Leave a Comment