MAN 1 GRESIK SELENGGARAKAN WISUDA KE-40 SECARA VIRTUAL

 

Gresik, Penyelenggaran wisuda kelas XII yang sempat tertunda akhirnya dapat terlaksana. Kegiatan yang mulanya dijadwalkan pada awal bulan Juli tersebut direalisasikan pada hari Rabu 12 Agustus 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Ulul Albab MAN 1 Gresik tersebut berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kalau pada gelaran wisuda tahun sebelumnya dilaksanakan dengan menghadirkan seluruh wisudawan serta seluruh wali wisudawan, berbeda dengan tahun ini yang diselenggarakan terbatas dan disiarkan secara virtual melalui saluran digital MIG TV.

Wisuda ke-40 MAN 1 Gresik yang dimulai pukul 07.30 WIB tersebut menghadirkan 15 siswa perwakilan dari jurusan Agama, Bahasa, IPA, dan IPS. Pelaksanaan wisuda secara virtual tersebut dilaksanakan secara terbatas. Wisudawan dan wali murid yang hadir wajib mengikuti protokol kesehatan secara ketat. Setiap wisudawan yang hadir diwajibkan untuk melakukan pengecekan suhu, penyemprotan hand sanitizer dan melalui bilik sterilisasi. Tempat wisudawan pun ditata dengan jarak 1 M untuk penerapan physical distancing.

Ibu Dra. Purwantini, S.Pd didaulat sebagai penata acara membuka acara pada pukul 07.30. kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an yang dikumandangkan oleh Nailu Madya Zahro siswi kelas XII Agama. Acara pun dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, hymne madrasah dan mars Madrasah. Setelah itu prosesi wisuda yang dilaksanakan secara simbolis dengan penyerahan ijazah dan pengalungan gordon ke setiap perwakilan wisudawan dan wisudawati. Ketika prosesis wisuda selesai dilanjutkan dengan ikrar wisudawan dan wisudawati yang dipimpin oleh Salisatul Maulida alumni XII IPS2 MAN 1 Gresik.

Tania Wahyu Anandita mendapatkan kehormatan untuk menyampaikan sambutan atas nama wisudawan. Siswa MAN 1 Gresik yang diterima sebagai mahasiswa baru Politeknik Negeri Surabaya lewat jalur undangan tersebut menyampaiakan beberapa pesan dan kesan selama menjadi peserta didik di MAN  1 Gresik. Ia menyampaikan bahwa memang pada tahun ini prosesi wisuda dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Meskipun demikian, prosesi wisuda yang dilaksanakan secara terbatas dan virtual itu tidak mengurangi kekhidmadan para wisudawan dalam melakasanakan prosesi yang sakral terebut. Tania pun tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru yang telah sabar mendidik dan memberikan ilmu pengetahuan selama 3 tahun belajar di MAN 1 Gresik, begitu pula atas segala kesalahan dan kekhilafan yang tentu tidak senaja menyakit hati bapak ibu guru, ia menghaturkan permohonan maaf yang setulus-tulusnya. Tania pun menyadari bahwa prosesi wisuda ini bukanlah akhir, namun awal dari menapaki tangga yang lebih terjal. Maka semangat dalam menapaki kehidupan harus tetaplah membara di hati para wisudawan.

Setalah selesai penyampaian sambutan atas nama wisudawan. Dilanjutkan dengan sambutan atas nama wali murid yang disampaikan oleh Bapak Slamet Sugiarto, S.Pd., M.Si. dalam sambutan yang singkat dan padat tersebut, beliau menyampaikan permohonan maaf atas wali murid atas tingkah laku siswa MAN 1 Gresik yang mungkin kurang berkenan di hati bapak dan ibu guru selama di madrasah. Beliau juga berpesan kepada para wisudawan untuk selalu membawa nama besar almamater MAN 1 Gresik. Tunjukkan bahwa MAN 1 Gresik adalah madrasah yang hebat di mata dunia.

Hj. Masfufah, M.Pd selaku kepala MAN 1 Gresik pun tak ketinggalan untuk mengucapkan selamat kepada wisudawan yang dinyatakan lulus 100%. Beliau juga meminta maaf tidak bisa menghadirkan seluruh wisudawan dan wali murid secara bersamaan, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. Beliau pun berpesan untuk tetap semangat, tetap sabar dalam menuntut ilmu dan selalu tawaduk kepada bapak ibu guru. Mengakhiri sambutannya, beliau mengharap kepada seluruh wisudawan untuk mengamalkan ilmu yang sudah di dapat selama belajar di MAN 1 Gresik dan seluruh alumni memiliki kewajiban untuk terus menjaga nama baik almaater dan terus bersinergi dengan madrasah dalam berbagai bidang terutama yang berkaitan dengan pengembangan madrasah.

Selesai kepala MAN 1 Gresik menyampaikan sambutannya, dilanjutkan dengan penobatan siswa berprestasi MAN 1 Gresik tahun ajaran 2019—2020 yang disampaikan langsung oleh Waka Kurikulum, Ibu Siti Amriyah, S.Pd. beliau menyampaikan peringkat terbaik pararel dari program XII Bahasa, XII IPA, XII IPS, dan XII Agama. Sedangkan untuk wisudawan terbaik dan berprestasi diraih oleh Thania Wahyu Anandita. Penganugerahan wisudawan terbaik dan berprestasi berdasarkan atas keberhasilan Tania Wahyu Anadita meraih juara dalam 18 even tingkat provinsi dan nasional. Siswa yang juga menjadi duta anti narkoba BNN Kabupaten Gresik tersebut juga sempat terpilih untuk mengikuti pertukaran pelajar di Singapura tahun 2019.

Masing-masing siswa yang berprestasi tersebut mendapatkan sertifikat penghargaan dan uang pembinaan. Diharapkan dengan adanya penganugerahan dan uang pembinanaan tersebut dapat semakin memotivasi wisudawan dan juga siswa lain untuk terus berprestasi dan giat dalam belajar

Kegiatan wisuda virtual tersebut pun diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak H. Askan. Kegiatan tersebut pun berakhir tepat pukul 10.30 WIB. Untuk wisudawan lain akan dihadirkan secara bergelombang dalam tiga hari berturut-turut untuk melakukan cap tiga jari dan sesi pengambilan foto pengalungan gordon dan foto kenangan wisuda.

DATA PERINGKAT PARAREL

KELAS XII MAN 1 GRESIK  TAHUN PELAJARAN 2019—2020

 

  1. Dewi Maryam Izzatur Rohmaniyah (XII BHS) Terbaik pertama program  Bahasa
  2. Muflihatun Ni’mah (XII IPA 1)      Terbaik pertama program  IPA
  3. Cindy Alfina Maulani Syamsi (XII IPA 1)      Terbaik kedua program  IPA
  4. Dinni Shela Febrina (XII IPA 1)      Terbaik ketiga program  IPA
  5. Azkia Putri Permata Tsani (XII IPS 1)       Terbaik pertama program  IPS
  6. Salisa Maulidah (XII IPS 2)       Terbaik kedua program  IPS
  7. Ruswanda Rohmana Putri (XII IPS 1)       Terbaik ketiga program  IPS
  8. Uswatun Chasanah (XII AGAMA) Terbaik pertama program  Agama

Leave a Comment